Pengembangan komik sebagai media pendukung pembelajaran bermuatan contextual teaching and learning pada mata pelajaran pemrograman dasar Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang / Novita Dewi Bistianty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik sebagai media pendukung pembelajaran bermuatan contextual teaching and learning pada mata pelajaran pemrograman dasar Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang / Novita Dewi Bistianty

Bistianty, Novita Dewi (2019) Pengembangan komik sebagai media pendukung pembelajaran bermuatan contextual teaching and learning pada mata pelajaran pemrograman dasar Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang / Novita Dewi Bistianty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bistianty Novita Dewi. 2019. Pengembangan Komik Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Bermuatan Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kompetensi Keahlian Rekayasa Peragkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara S.Pd. M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata kunci Media Pembelajaran Pemrograman Dasar Komik Contextual Teaching and Learning Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan siswa untuk siap bekerja dalam bidang tertentu di sebuah industri. Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh guru siswa dan sumber belajar. Sehingga dalam hal ini peranan guru sangat penting. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di kelas X RPL SMK PGRI 3 Malang masih bersifat teacher centered dimana siswa hanya mendengarkan dan mencatat materi dari penjelasan guru. Sehingga 80% siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pemrograman dasar karena siswa kesulitan memahami materi-materi yang berisikan konsep-konsep dasar pemrograman. Serta sebanyak 90% siswa masih mencari sumber belajar selain dari guru yaitu dengan memanfaatkan sumber dari internet. Dimana sumber dari internet itu tak semua sumber berisikan materi sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sebesar 60% siswa di SMK PGRI 3 Malang memiliki ketertarikan pada media baca komik dibandingkan dengan media baca yang lainnya. Hal ini dikarenakan media baca komik memiliki penyajian pesan yang menarik melalui ilustrasi yang disediakan dan berisikan cerita yang ringan sehingga media ini diminati siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan adanya sebuah inovasi pada media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Untuk dapat membantu belajar siswa dalam media tersebut bermuatan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Dengan menggunakan model tersebut diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi Pemrograman Dasar yang dianggap sulit karena model ini mengaitkan materi dengan kehidupan disekitarnya sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran komik digital Pemrograman Dasar sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yang meliputi (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Uji kelayakan penelitian pengem-bangan dilakukan oleh siswa kelas X kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang yang sedang atau telah menempuh mata pelajaran Pemrograman Dasar. Berdasarkan uji validasi materi oleh Ahli Materi I diperoleh persentase sebesar 88 16% dan Ahli Materi II diperoleh persentase sebesar 86 18% dan validasi media oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 91 67%. Berdasarkan data hasil validasi media pembelajaran tersebut dinyatakan sangat valid dan dapat dilakukan tahapan uji coba. Pada tahapan uji coba perseorangan diperoleh persentase sebesar 85 56% uji kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 86 22% dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 90 05%. Berdasarkan kriteria validitas maka media pembelajaran komik Pemrograman Dasar bermuatan Contextual Teaching and Leaning ini termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan untuk digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84942

Actions (login required)

View Item View Item