Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK PGRI I Pecalukan Kabupaten Pasuruan / Helda Astrilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK PGRI I Pecalukan Kabupaten Pasuruan / Helda Astrilia

Astrilia, Helda (2016) Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK PGRI I Pecalukan Kabupaten Pasuruan / Helda Astrilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astrilia Helda. 2016. PenerapanMetodeBernyanyiUntukMeningkatkanKosakataBahasaInggrisAnakKelompok B TK PGRI I PecalukanKabupatenPasuruan.Skripsi Prodi S-1 Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. (II) EnyNurAisyah S.Pd M.Pd Kata Kunci kosakatabahasainggris metodebernyanyi Bahasamerupakansalahsatuaspek yang pentinguntukdikembangankhususnyamengenalkankosakatabarubagianakusiadini. Pengenalankosakatabaruterutamakosakatadalambahasainggris di TK PGRI I Pecalukanmasihrendah.Berdasarkanhasilobservasi yang telahdilakukanoleh 14 anakdiperolehhasilketuntasananakdalammenerimakosakataberbahasainggrisyaituhanya 2 anak yang mampumenirusertamenyebutkankosakatadalambahasainggris. Hal inidisebabkankarenasituasipembelajaran yang monotonanakhanyaditunjukkangambarkemudiandiajakuntukmenirukanselainitukurangnyasituasipembelajaran yang santaidanmenyenangkansehinggaanakcepatmerasabosandanpembelajarantidakberjalanmaksimal yang menyebabkananakmenjadisusahuntukmencernaapa yang diajarkanoleh guru. Rumusanmasalahpenelitiadalah (1) bagaimanapenerapanmetodebernyanyiuntukmeningkatkankosakatabahasainggrisanakkelompok B TK PGRI I Pecalukan (2) apakahpenerapanmetodebernyanyidapatmeningkatkankosakatabahasainggrisanakkelompok B di TK PGRI I Pecalukan Rancanganpenelitian yang digunakanyaituPenelitianTindakanKelas (PTK) denganmenerapkanmetodebernyanyi.Penelitianinidilakukanpadakelompok B TK PGRI I Pecalukan.Instrument yang digunakanpenelitiuntukmengumpulkan data berupalembarobservasi dandokumentasi.Penelititerlibatdalampenelitiansebagai observer. Penelitian yang dilakukanadalahdenganmenggunakanmetodebernyanyi yaituanakdiperkenalkankosakatabinatangdalambahasainggrisdengancaramenyanyikanlagu-lagusederhana yang didalamnyaterdapatkosakatabinatangdalambahasainggris. Dari hasilpenelitiandiperolehhasil 14 anaktuntasdalammenirudanmengingatkosakatabinatangdalambahasainggris. Menerapkanmetodebernyanyitelahberhasilmeningkatkankosakatabahasainggrisanakkelompok B TK PGRI I PecalukanKabupatenPasuruan haliniterbuktidari data yang diperolehpadasaatpenelitian. Berdasarkanhasilpenelitianini disarankan agar guru memilihmetode yang tepatdankreatifdalammencoba ide baru agar anakaktifdalam proses pembelajaransertaanaktidakmerasacepatbosan misalnyadenganmenerapkanmetodebernyanyikarenadenganmetodebernyayipembelajaranakanmenyenangkan yang membantudayaingatanaklebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8415

Actions (login required)

View Item View Item