Sari, Annisa Mawaddah Mutiara (2016) Pengembangan kemampuan motorik kasar melalui permainan balap mobil mencari bola pada anak kelompok B di TK Permata Bunda Sawojajar Malang / Annisa Mawaddah Mutiara Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Annisa Mawaddah Mutiara. 2016. Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Balap Mobil Mencari Bola pada Anak Kelompok B di TK Permata Bunda Sawojajar Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan SekolahDasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd (II) Evania Yavie. S.Pd. M.Pd . Kata Kunci anak kelompok B kemampuan motorik kasar permainan Balap Mobil Mencari Bola Hasil observasi pada anak kelompok B di TK Permata Bunda Sawojajar Malang menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak belum optimal. Kegiatan fisik motorik cenderung difokuskan pada fisik motorik halus saja. Fisik motorik kasar hanya difokuskan pada kegiatan persiapan masuk kelas. Pembelajaran terlalu terpusat pada guru dan stimulasi untuk pengembangan aspek motorik kasar anak relatif kurang. Penelitian dengan tujuan (1) Mendeskripsikan penerapan permainan balap mobil mencari bola untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak kelompok B (2) Mendeskripsikan peningkatan fisik motorik kasar anak kelompok B. Rancanagan penelitian tergolong penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B di TK Permata Bunda Sawojajar Malang dengan jumlah 17 anak. Istrumen pengumpulan data penelitian adalah dokumentasi dan lembar observasi. Analisis data penelitian dilakkan dengan menerapkan teknik dskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Balap Mobil Mencari Bola dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru dan anak. Hal ini diketahui dari aktivitas guru yang mengikuti urutan langkah-langkah (1) Guru menyiapkan alat dan bahan untuk permainan (2) Guru menjelaskan langka-langka permainan (3) Guru menjelaskan aturan permainan (4) Guru memberikan contoh cara permainan (5) Guru mengatur anak-anak agar berbaris sesuai absen (6) Guru memberikan motivasi dan pujian kepada anak (7) Guru mengevaluasi perkembangan kemampuan motorik kasar. Dengan pembelajaran seperti itu kemampuan fisik motorik kasar anak meningkat dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kemampuan fisik motorik kasar anak pada siklus I sebesar 63 2 dan rata-rata kemampuan fisik motorik kasar anak pada siklus II sebesar 85 3. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak dalam hal kelincahan keseimbangan kekuatan dan ketepatan antara siklus I dan siklus II yaitu 22 1 dengan prosentase 35%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8379 |
Actions (login required)
View Item |