Penerapan gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada kelompok B di TK Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri / Putri Kurnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada kelompok B di TK Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri / Putri Kurnia

Kurnia, Putri (2016) Penerapan gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada kelompok B di TK Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri / Putri Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnia Putri. 2016. Penerapan Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Kelompok B di Tk Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs.I Wayan Sutama.M Pd. (2) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemampuan kinestetik kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi tentang kemampuan kinestetik di TK Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016 terdapat beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut meliputi kualitas pembelajaran dan kemampuan kinestetik anak. Pada kualitas pembelajaran saat kegiatan anak tidak mentaati peraturan sulit dikendalikan tidak tertarik mengikuti kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan kinestetik anak melalui kegiatan gerak dan lagu untuk anak kelompok B. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan kemampuan kinestetik pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Plosokidul. Selain itu juga itu juga untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kinestetik meliputi kemampuan anak dalam melakukan gerakan terkoordinasi lincah kesesuaian antara lagu dengan gerakan. Pada penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Model siklus PTK ini yaitu Model Kemis MC Taggart. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan dan pengamatan refleksi dan revisi. Subjek penelitian ini yaitu sebanyak 21 anak kelompok B di TK Dharma Wanita Plosokidul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Setelah penerapan gerak dan lagu kemampuan kinestetik anak mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pra tindakan yang menunjukkan bahwa sebelumnya kemampuan kinestetik sebagian besar anak belum berkembang mulai meningkat dengan kriteria mulai berkembang pada siklus I. Dilanjutkan dengan peningkatan pada siklus II yang mencapai kriteria berkembang sesuai harapan. Penerapan gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan kinestetik anak TK B Dharma Wanita Plosokidul. Gerak dan lagu dapat digunakan sebagai kegiatan yang bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan kinestetik anak. Berdasarkan temuan pada refleksi diharapkan peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan gerak dan lagu untuk meningkatkan kemampuan kinestetik anak dengan revisi untuk menyempurnakan penelitian ini agar lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8373

Actions (login required)

View Item View Item