Pengembangan media video interaktif untuk pemahaman bilangan pada anak usia 4-5 tahun / Melinda Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video interaktif untuk pemahaman bilangan pada anak usia 4-5 tahun / Melinda Maharani

Maharani, Melinda (2016) Pengembangan media video interaktif untuk pemahaman bilangan pada anak usia 4-5 tahun / Melinda Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani. Melinda. 2016. Pengembangan Media Video Interaktif untuk Pemahaman Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Samawi M.Hum (II) Eny Nur Aisyah S.Pd M. Pd. Kata Kunci media video interaktif pemahaman bilangan TK Berdasarkan analisis kebutuhan diketahui bahwa beberapa orang anak di kelompok A belum mampu membilang dengan benar. Dari 20 anak di kelompok A terdapat 12 anak yang belum dapat membilang. Setelah diamati lebih lanjut salah satu penyebabnya adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk anak sehingga anak kesulitan dalam membilang. Hasil wawancara penulis dengan salah satu guru di TK Kartika IV-79 Malang diperoleh informasi kebutuhan media pembelajaran yang tepat untuk pemahaman bilangan pada anak kelompok A adalah media video interaktif. Dengan adanya media video interaktif tersebut diharapkan anak akan lebih mudah memahami bilangan dan pembelajarannya menjadi lebih menyenangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Hasil pengembangan berupa produk video interaktif untuk pemahaman bilangan dengan pendekatan saintifik. Video interaktif ini menggunakan tema binatang dan sub tema binatang darat. Penelitian dilakukan di TK Kartika IV-79 Malang. Berdasarkan validasi kepada ahli media pembelajaran diperoleh persentase efektifitas 82 5% dari ahli materi anak usia dini persentase efektifitas 80% dan dari ahli pembelajaran anak usia dini diperoleh presentase efektifitas 92 5%. Dari uji coba kelompok kecil pada siswadiperoleh dari hasil unjuk kerja anak tentang kemudahan yaitu dengan rata-rata 93 33 % kesenangan 100 % dan keamanan100 %. Sedangkan presentase keberhasilan anak pada aspek kognitif diperoleh sebanyak 95 %. Uji coba kelompok besar pada siswa diperoleh hasil unjuk kerja anak tentang kemudahan yaitu dengan rata-rata 97 % kesenangan 100 % dan keamanan100 %. Sedangkan presentase keberhasilan anak pada aspek kognitif diperoleh sebanyak 93 90 %. Berdasarkan persentase penilaian uji formatifpada ahli dan uji coba pada anak video interaktif dinyatakan valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pemahaman bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan video interaktifdengan cakupan lebih luas dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item