Peningkatan kemampuan kognitif AUD melalui kegiatan meronce berpola pada kelompok usia 4-5 tahun diPAUD Brillianm Sumberjo Kabupaten Blitar / Devi Diantika Mutiara - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan kognitif AUD melalui kegiatan meronce berpola pada kelompok usia 4-5 tahun diPAUD Brillianm Sumberjo Kabupaten Blitar / Devi Diantika Mutiara

Mutiara, Devi Diantika (2016) Peningkatan kemampuan kognitif AUD melalui kegiatan meronce berpola pada kelompok usia 4-5 tahun diPAUD Brillianm Sumberjo Kabupaten Blitar / Devi Diantika Mutiara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutiara Devi Diantika. 2016. Peningkatan Kemampuan Kognitif AUD Melalui Kegiatan Meronce Berpola Pada Kelompok Usia 4-5 Tahun Di PAUD Brilian Sumberjo Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 PG-PAUD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (II) Dra.Sutansi M.Pd. Kata Kunci Kognitif Pengelompokkan Meronce Berpola Hasil observasi pada anak kelompok usia 4-5 tahun mengalami permasalahan yaitu masih sulit dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warna karena (1) anak belum mengenal bentuk dan warna (2) anak masih ragu-ragu dalam menyebutkan bentuk dan warna dan (3) anak belum mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warna dengan benar. Hal ini terlihat dari 15 anak yang mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warnya hanya 5 anak (33%). Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan kegiatan meronce berpola (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif pada tema tanaman dengan menggunakan kegiatan meronce berpola di kelompok usia 4-5 tahun PAUD Brilian Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus mencakup perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan teknik observasi catatan lapangan unjuk kerja wawancara dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan pengumpulan data menyajikan data dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menggunakan kegiatan meronce berpola pada aktivitas guru dan anak sudah mencapai lebih dari 90% dengan kriteria sangat baik. hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil observasi aktivitas guru selama kegiatan telah mencapai kriteria sangat baik (100%) demikian juga pada hasil observasi anak telah mencapai kriteria sangat baik (91%). Sedangkan hasil kemampuan kognitif anak pada pra tindakan hanya mencapai 33% dengan kriteria kurang mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 46 65% dengan kriteria kurang meningkat pada siklus II menjadi 86 65% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan meronce berpola dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak tentang pengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warna pada anak kelompok usia 4-5 tahun di PAUD Brilian Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil data tersebut peneliti memberikan beberapa saran yaitu guru diharapkan dapat menggunakan kegiatan meronce berpola dalam kegiatan pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item View Item