A'yunin, Afifa Qurota (2016) Pengembangan permainan engklek angka berbasis kognitif pada anak TK kelompok A di Kecamatan Wagir Malang / Afifa Qirota A'yunin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK A yunin Afifa Qurota. 2016. Pengembangan Permainan Engklek Angka Berbasis Kognitif pada Anak TK Kelompok A di Kecamatan Wagir. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kognitif Permainan Engklek Angka Pembelajaran kognitif yang diterapkan di TK Mentari Kecamatan Wagir masih belum maksimal. Dalam pembelajaran pengenalan angka cenderung di dalam kelas dengan menggunakan media papan tulis dan lembar kerja anak sehingga mengakibatkan anak mudah bosan dan kurang memahami angka. Pembelajaran angka pada anak dapat dicapai dengan pendekatan yang beragam salah satunya yaitu dengan menggunakan permainan engklek angka. Permainan engklek angka bertujuan untuk mempermudah anak dalam mengenal dan memahami angka. Tujuan penelitian dan pengembangan permainan engklek angka berbasis kognitif yaitu untuk menghasilkan suatu permainan yang aman mudah dan menyenangkan yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran kognitif anak kelompok A. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Dick and Carey dengan 9 langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner dan observasi. Data yang dihasilkan terdiri dari 3 orang ahli yaitu ahli pembelajaran anak usia dini ahli permainan anak usia dini dan ahli materi pembelajaran anak usia dini uji coba perorangan 3 anak uji coba kelompok kecil 6 anak dan uji coba kelompok besar 20 anak. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk permainan engklek angka. Permainan ini didesain supaya aman mudah dan senang dengan kriteria keberhasilan yaitu (1) berupa persentase hasil evaluasi dari ahli pembelajaran anak usia dini 92 5% (2) ahli permainan anak usia dini 82 5% (3) ahli materi pembelajaran anak usia dini 90%. Tingkat kemampuan anak dalam menggunakan selama uji coba perorangan diperoleh persentase rata-rata 91 63% uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 90% dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 94 58%. Berdasarkan persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa permainan engklek angka layak digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang aman mudah dan menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran kognitif di TK. Diharapkan permainan engklek angka ini dapat diuji cobakan pada subjek yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8329 |
Actions (login required)
View Item |