Fitriani (2016) Peningkatan kecerdasan interpersonal melalui permainan tukar kartu pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Laboratorium UM Kota Blitar / Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriani. 2016. Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Permainan Tukar Kartu Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Laboratorium UM Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd. (II) Dr. H. Alif Mudiono M. Pd. Kata Kunci Kecerdasan Interpersonal Permainan Tukar Kartu Berdasarkan hasil observasi di PAUD Laboratorium UM Kota Blitar hanya 36 3% anak yang mampu berhubungan sosial dengan teman sebaya. Ditemukan beberapa masalah yang menjadi penyebabnya yaitu pembelajaran yang diterapkan cenderung menggunakan LKS serta mengerjakannya secara individu dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan kurang membangun adanya interaksi anak satu sama lain. Melalui permainan tukar kartu pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Laboratorium UM Kota Blitar kecerdasan interpersonal anak akan meningkat. Permainan tukar kartu dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 3-4 tahun di PAUD Laboratorium UM Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama dua siklus meliputi tahapan (1) persiapan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Metode pengumpulan data observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian anak usia 3-4 tahun tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 11 anak. Alat pengumpul data berupa (1) lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas anak (3) lembar observasi sikap anak (4) lembar observasi keterampilan interpersonal anak (5) lembar observasi pengetahuan anak (6) catatan lapangan. Peningkatan kecerdasan interpersonal anak pada pratindakan mencapai persentase ketuntasan sebesar 36 3% dengan kategori belum berkembang meningkat pada siklus I yaitu mencapai ketuntasan sebesar 49 4% dengan kategori belum berkembang dan siklus II mencapai persentase ketuntasan sebesar 75% dengan kategori sudah berkembang Peningkatan kecerdasan interpersonal dari pratindakan ke siklus I meningkat dengan persentase 13 1% siklus I ke siklus II meningkat dengan persentase 25 6% dan dari pratindakan ke siklus II meningkat dengan persentase 38 7%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tukar kartu dapat diterapkan dengan baik serta dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 3-4 tahun PAUD Laboratorium UM Kota Blitar. Melihat keberhasilan penerapan permainan tukar kartu disarankan agar guru menggunakan permainan tukar kartu untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8306 |
Actions (login required)
View Item |