Analisis kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK bidang teknologi dan rekayasa di Kota Malang / Dani Isnanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK bidang teknologi dan rekayasa di Kota Malang / Dani Isnanto

Isnanto, Dani (2019) Analisis kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK bidang teknologi dan rekayasa di Kota Malang / Dani Isnanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isnanto Dani 2019. Analisis Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Bidang Teknologi Dan Rekayasa Di Kota Malang Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widiyanti M.Pd. (II) Dr. Yoto S.T. M.Pd. Kata kunci SMK Bursa Kerja Khusus (BKK) Analisis Kinerja. Pendidikan menengah yang sebelumnya lebih berorientasi pada sekolah menengah atas (SMA) sekarang mulai diubah ke sekolah menengah kejuruan (SMK). Tujuan memperbanyak SMK untuk membantu mengurangi pengangguran yang masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Namun fakta jumlah pengannguran SMK yang masih tinggi menunjukan SMK masih belum Efektif. Kinerja dari BKK di setiap SMK mempengaruhi keterserapan lulusannya ke dunia kerja. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian evaluasi dalam penelitian ini digunakan evaluasi discrepancy yang ingin mengetahui bagaimanakah kesenjangan yang terjadi pada dimensi kinerja BKK yang terdiri dari dimensi input proses output sehingga hasil evaluasi akan menyajikan informasi aspek-aspek yang mengalami kesenjangan dan kemudian dapat digunakan sebagai acuan dalam perbaikan. Langkah awal dalam tahap evaluasi discrepancy (1) membuat standar (instrumen) (2) menentukan kesenjangan yang terjadi antara kinerja (3) menggunakan informasi kesenjangan untuk meningkatkan menjaga atau menghentikan program tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Malang SMK Nasional Malang SMK Muhammadiyah 1 Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja bursa kerja khusus (BKK) SMK bidang teknologi dan rekayasa Kota Malang ditinjau dari dimensi input dengan perolehan skor SMKN 6 Malang 87 SMK Nasional Malang 88 SMK Muhammadiyah 1 Malang 72 dengan skor rata-rata 83 3 yang terkategori baik sedangkan nilai discrepancy SMKN 6 Malang 29 7% SMK Nasional Malang 28 6% SMK Muhammadiyah 1 Malang 35 3% yang terkategorikan rendah masih membutuhkan pembenahan kinerja BKK. Ditinjau dari dimensi proses dengan perolehan skor SMKN 6 Malang 1061 SMK Nasional Malang 1017 SMK Muhammadiyah 1 Malang 878 dengan skor rata-rata 985 3 terkategorikan baik sedangkan nilai discrepancy SMKN 6 Malang 25 9% SMK Nasional Malang 30 9% SMK Muhammadiyah 1 Malang 46 6% yang terkategorikan rendah masih membutuhkan pembenahan kinerja BKK. Ditinjau dari dimensi output dengan perolehan skor SMKN 6 Malang 209 SMK Nasional Malang 204 SMK Muhammdiyah 1 Malang 173 dengan skor rata-rata 195 3 yang terkategorikan baik sedangkan nilai discrepancy SMKN 6 Malang 33 8% SMK Nasional Malang 36 2% yang terkategorikan rendah masih membutuhkan pembenahan kinerja BKK namun untuk SMK Muhammadiyah nilai discrepancy 50 9% terkategorikan tinggi sehingga membutuhkan banyak pembenahan agar kinerja lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82509

Actions (login required)

View Item View Item