Pertiwi, Yulia Dian (2019) Pengaruh keluasan kegiatan ekstrakurikuler (breadth of extracurricular activities) terhadap hasil belajar melalui konsep diri (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri dan SMK Negeri 2 Blitar) / Yulia Dian Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Pertiwi Yulia.Dian. 2019. PengaruhKeluasanKegiatanEkstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) terhadapHasilBelajarmelaluiKonsepDiri (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasidan Tata KelolaPerkantoran SMK Negeri 2 Kediri dan SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr.Sopiah M.Pd M.M Kata Kunci keluasankegiatanekstrakurikuler konsepdiri hasilbelajar Kegiatanekstrakurikulermerupakansuatu model pembelajarankontekstualdimanapesertadidikdiberipembelajaransecaraaktif kreatif produktif danmenyenangkan. Kegiatanekstrakurikulerdiharapkandapatmembantumengembangkankreatifitas bakatdanminatpesertadidikuntukmenambahwawasanpengetahuandanpengalaman yang kemungkinanbesartidakmerekadapatkandarikegiatankurikulersehinggadapatdicapaiprestasiseoptimalmungkin.Namun tidakseluruhkegiatanekstrakurikulerberjalanberbandinglurusdengantujuanawalnya yaitumengarahkanpesertadidikuntukmencapaiprestasiseoptimalmungkin karenapadakenyataannyapadabeberapakasus kegiatanekstrakurikulerjustrumenjadisalahsatufaktor yang menjadipenyebabmenurunnyaprestasidalambidangakademikpesertadidik.Demikianhalnyadenganpenentudalamkeberhasilanperkembanganpesertadidik salahsatunyaadalahkonsepdiri. Apabilapesertadidiktelahmengetahuikonsepdirimasing-masingmakamerekatidakakansalahmemilihsesuatu yang dikehendaki dalamhalsatuanpendidikansalahsatunyayaitumemilihkegiatanekstrakurikuler. Ketikapesertadidikberhasilmemilihkegiatanekstrakurikuler yang cocokdantidakmengganggukegiatanbelajarmengajardisekolahmakahasilbelajarpesertadidik pun akanmaksimal. TujuanPenelitianiniuntukmengetahui (1) pengaruhkeluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities)terhadaphasilbelajar (2) pengaruhkeluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities)terhadapkonsepdiri (3) pengaruhkonsepdiriterhadaphasilbelajar dan (4) pengaruhkeluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities) terhadaphasilbelajarmelaluikonsepdiri. Pendekatanpenelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatif. Populasipenelitianiniadalahpesertadidik X Otomatisasidan Tata KelolaPerklantoran SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitardengan total populasi 104 pesertadidik. SampelPenelitiansebanyak 82 pesertadidik yang terbagiduayaitu SMKN 2 Kediri sebanyak 50 pesertadidikdan SMKN 2 Blitarsebanyak 32 pesertadidik. Pengumpulan data menggunakanangketdandokumentasi. Ujivaliditasdanreliabiltasdananalisis data menggunakan SPSS versi 23.0 for windows. Analisis data dilakukandenganstatistikdeskriptifdanstatistikinferensial. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) pesertadidik yang aktifmengikutikegiatanekstrakurikulerdansesauidenganbakatdanminat yang dimilikiataukonsepdiri yang positifmemperolehhasilbelajar yang baik (2) keluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities) di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajar (3) keluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities)di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkonsepdiri (4) konsepdiridi SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajar dan (5) keluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities)di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarmelaluikonsepdiri. Saran yang diberikanpenelitiadalah(1) bagidinaspendidikanprovinsijawatimurpenelitianinidapatdijadikansebagaimasukanbagidinasdalammeningkatkanmutupendidikan di lingkungankerjanya terutamadalamhalkegiatanpembelajaran di luar jam belajar (2) bagipimpinan SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitardiharapkanpihaksekolahlebihmemberikanmotivasi yang bijakkepadapesertadidik agar pesertadidik yang kurangpercayadirimengikutikegiatanekstrakurikulerseiringberjalannyawaktu agar bisalebihaktifdalamkegiatantersebut (3) bagisiswa SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarsiswadapatmenjadikanhasilpenelitianinisebagaiwawasanuntuklebihbersemangatdalammengikutikegiatan yang ada di luar jam belajaruntukmeningkatkanbakatdanminat yang dimiliki (4) bagipenelitiselanjutnyayaitumengingatvariabelbebasdalampenelitianinimerupakanhal yang sangatpentingdalammempengaruhihasilbelajardiharapkanhasilpenelitianinidapatdipakaisebagaiacuanbagipenelitiselanjutnyauntukmengembangkanpenelitianinidenganmempertimbangkanvariabel-variabel lain yang merupakanvariabel lain diluarvariabel yang sudahmasukdalampenelitianini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/78792 |
Actions (login required)
View Item |