Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif Preparing, Doing, Checking, Assessing and Following-up (PDCA) terhadap pengetahuan metakognitif dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Mojosari pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit serta reaksi redoks / Firdaus Nuzulahtuzzahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif Preparing, Doing, Checking, Assessing and Following-up (PDCA) terhadap pengetahuan metakognitif dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Mojosari pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit serta reaksi redoks / Firdaus Nuzulahtuzzahro

Nuzulahtuzzahro, Firdaus (2019) Pengaruh strategi pembelajaran metakognitif Preparing, Doing, Checking, Assessing and Following-up (PDCA) terhadap pengetahuan metakognitif dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Mojosari pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit serta reaksi redoks / Firdaus Nuzulahtuzzahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nuzulahtuzzahro Firdaus. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Preparing Doing Checking Assessing and Following-up (PDCA) terhadap Pengetahuan Metakognitif dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMAN 1 Mojosari pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Serta Reaksi Redoks. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Parlan M.Si. (II) Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti M.Si. Kata kunci strategi metakognitif PDCA pengetahuan metakognitif prestasi belajar larutan elektrolit dan nonelektrolit reaksi redoks Hasil dari beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi kimia khususnya pada materi larutan elektrolit nonelektrolit dan reaksi redoks. Aspek penting dalam memahami konsep pelajaran kimia yaitu aspek kognitif dan metakognitif. Metakognitif berperan penting dalam keberhasilan pembelajaran karena siswa akan lebih mudah mengetahui memahami dan menyelesaikan masalah yang dihadapi serta membentuk ingatan jangka panjang siswa dalam memahami konsep. Maka dari itu untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep kimia perlu diterapkan strategi belajar yang melibatkan kemampuan metakognitif siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan metakognitif adalah strategi pembelajaran metakognitif Preparing Doing Checking Assessing and Following-up (PDCA). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif PDCA terhadap pengetahuan metakognitif dan prestasi belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit serta reaksi redoks. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan penelitian eksperimen semu (Quasy Experimental Design) dengan model pretest-post test control group design dikarenakan tidak dilakukan randomisasi sampel. Pemilihan sampel dengan teknik cluster random sampling dimana sampel dipilih secara acak dari keseluruhan populasi kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Mojosari. Pada penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori dan X MIPA 2 yang dibelajarkan dengan strategi metakognitif PDCA. Penelitian dilakukan pada awal semester genap tahun pelajaran 2018/2019 pada bulan Januari-Februari 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan metakognitif di kelas SM PDCA kategori pengetahuan deklaratif tergolong tinggi yaitu sebesar 42% pengetahuan prosedural tergolong sedang yaitu sebesar 45% dan pengetahuan kondisional tergolong sedang yaitu sebesar 53%. Tingkat pengetahuan metakognitif di kelas ekspositori kategori pengetahuan deklaratif tergolong sedang yaitu sebesar 43% pengetahuan prosedural tergolong rendah yaitu sebesar 39% dan pengetahuan kondisional tergolong sedang yaitu sebesar 49%. Strategi Pembelajaran Metakognitif PDCA berpengaruh terhadap pengetahuan metakognitif dengan nilai signifikansi sebesar 0 002 dan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0 009 N-gain sebesar 0 53 dan d-effect size sebesar 3 5 lebih besar dari kelas ekspositori. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara pengetahuan metakognitif dengan prestasi belajar di kelas SM PDCA sebesar 0 936 dan di kelas ekspositori sebesar 0 972 sedangkan antara MAI dengan prestasi belajar tidak terdapat hubungan baik pada kelas SM PDCA maupun kelas ekspositori dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 118 dan 0 210.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76900

Actions (login required)

View Item View Item