Pengembangan komik matematika berbasis android materi barisan dan deret geometri untuk kelas XI / Nadila Aztizar Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik matematika berbasis android materi barisan dan deret geometri untuk kelas XI / Nadila Aztizar Putri

Putri, Nadila Aztizar (2019) Pengembangan komik matematika berbasis android materi barisan dan deret geometri untuk kelas XI / Nadila Aztizar Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aztizar Nadila. 2018. Pengembangan Komik Matematika Berbasis Android untuk Materi Barisan dan Deret Geometri untuk Kelas XI. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rustanto Rahardi Dr. M. Si. Kata Kunci media komik komik matematika komik android barisan dan deret geometri Matematika sekolah yang merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ditemui di setiap jenjang pendidikan di Indonesia adalah pengetahuan tentang cara berpikir dan bernalar. Siswa dituntut tidak hanya menghafal rumus tetapi juga bernalar untuk memahami konsep matematika yang diberikan. Meskipun demikian para peserta didik kurang memiliki ketertarikan pada matematika. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari materi yang banyak materi yang dirasa sulit hingga proses pembelajaran yang membosankan dan kurang inovatif. Media Pembelajaran Komik adalah salah satu media pembelajaran yang dirasa efektif untuk meningkatkan motivas belajar siswa. Oleh karena itu pengembang melakukan pengembangan media pembelajaran berupa komik matematika berbasis android agar menarik minat siswa untuk belajar matematika. Pengembangan komik matematika ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari pengembangan Thiagarajan. Tahapan pengembangan Thiagarajan adalah sebagai berikut (1) Tahap pendefinisian (define) (2) Tahap perancangan (design) (3) Tahap pengembangan (develop) (4) Tahap penyebaran (dissemination) walaupun dalam pengembangan komik ini pengembang hanya menggunakan 3 tahap. Untuk menguji kelayakan media komik dilakukan uji validitas uji kepraktisan dan uji keefektifan. Dari uji validitas diperoleh skor kevalidan 3 585 untuk media komik berbasis android dan 3 45 untuk soal evaluasi siswa. Media dikatakan praktis karena 84% siswa memberikan respon positif dan efektif karena 100% siswa memenuhi ketuntasan hasil belajar. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa komik matematika dapat digunakan untuk alternatif pembelajaran pada pokok bahasan barisan dan deret geometri. Disarankan kepada pengembang media komik matematika lainnya agar mengembangkan materi pembelajaran lain yang sesuai dengan sasaran pengguna produk dan lebih dikembangkan tidak hanya pada pokok bahasan barisan dan deret geometri tetapi pada pokok bahasan lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74823

Actions (login required)

View Item View Item