Media video pembelajaran musik perkusi untuk siswa kelas X 1 UPW SMK Putikecwara Kota Batu / Yunanto Adi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Media video pembelajaran musik perkusi untuk siswa kelas X 1 UPW SMK Putikecwara Kota Batu / Yunanto Adi Prasetyo

Prasetyo, Yunanto Adi (2020) Media video pembelajaran musik perkusi untuk siswa kelas X 1 UPW SMK Putikecwara Kota Batu / Yunanto Adi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Yunanto Adi. 2019. Media Video Pembelajaran Musik Perkusi Untuk Siswa Kelas X 1 UPW SMK Putikecwara Kota Batu. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata Kunci Video Pembelajaran Musik Perkusi Kelas X 1 UPW SMK Putikecwara Kota Batu. Pembelajaran Seni Budaya di kelas X 1 UPW SMK Putikecwara Kota Batu selama ini menggunakan buku paket. Penggunaan buku paket dirasa kurang meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa dikarenakan materi pada buku paket tidak sesuai dengan materi musik perkusi yang diajarkan oleh guru serta kurangnya minat siswa untuk membaca. Nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Seni Budaya di SMK Putikecwara kota Batu yaitu 75 dan nilai yang diperoleh siswa kelas X 1UPW 60% masih dibawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sehingga guru meminta kepada peneliti untuk membuatkan media berupa video pembelajaran. Tujuanya penilitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran musik perkusi dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran senibudaya. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode Research and Developmentoleh Borg Galldengan 10 langkah yang meliputi (1) potensi dan masalah (2) penumpulan data (3) desain dan perencanaan produk (4) validasi ahli media dan ahli materi tahap 1 (5) revisi produk tahap 1 (6) uji coba kelompok kecil (7) revisi produk tahap 2 (8) validasi ahli media dan ahli materi tahap 2 (9) uji coba kelompok besar (10) video pembelajaran musik perkusi. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran musik perkusi yang berisi penjelasan musik perkusi pengenalan alat musik perkusi video musik perkusi teknik memegang pemukul pada instrumen gamelan teknik bermain musik perkusi bernada pada gamelan teknik bermain musik perkusi tidak bernada soal pertanyaan dan jawaban. Hasil validasi dinyatakan layak setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II. Hasil validasi tahap I ahli materi yaitu 47% hasil validasi tahap I ahli media yaitu 97% hasil validasi tahap II materi yaitu 91% hasil validasi tahap II ahli media yaitu100 %. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan diuji coba kelompok kecil yang diujikan pada 5 siswa dengan nilai rata-rata sebesar 84 dan nilai uji coba kelompok besar yang diujikan pada 23 siswa kelas X 1 UPW SMK Putikecwara dengan nilai rata-rata sebesar 88 3. Video tersebut dinyatakan layak sebagai media pembelajaran dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dapat memperoleh nilai di atas KKM sekolah yaitu 75 dengan jumlah 23 siswa yang tuntas mencapai nilai di atas KKM. Saran yang ditujukan untuk peneliti dan pengembang selanjutnya adalah membuat media buku musik perkusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73639

Actions (login required)

View Item View Item