Pelatihan karawitan di sanggar Anggara Laras Dusun Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kota Batu / Anggi Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelatihan karawitan di sanggar Anggara Laras Dusun Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kota Batu / Anggi Oktaviani

Oktaviani, Anggi (2020) Pelatihan karawitan di sanggar Anggara Laras Dusun Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kota Batu / Anggi Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Viani Anggi Okta 2019. Pelatihan Karawitan Di Sanggar Anggara Laras Dusun Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kota Batu. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin D.P. M.Pd (II)Hartono S.Sn M.Sn Kata Kunci Pelatihan Karawitan Sanggar Sanggar Anggara Laras merupakan satu-satunya sanggar karawitan klasik di kota Batu yang memiliki jadwal pelatihan rutin setiap hari minggu tanpa di pungut biaya. Berdirinya sanggar sebagai upaya melestarikan kesenian karawitan Jawa.Sanggar Anggara Laras bekerja sama dengan sekolah dasar di wilayah Songgoriti untuk menunjang ekstrakurikuler karawitan sebagai nilai tambahan di sekolah. Penelitianinidilaksanakandengantujuanmendeskripsikan mengenai pelatihan karawitan di sanggar Anggara Laras dusun Songgoriti kelurahan Songgokerto kota Batu. Pada tahap pemula sanggar Anggara Laras menggunakan materi gendhing Gangsaran yang memiliki 1 nada yaitu 2 (ro) dimainkan dengan cara berulangkali. Penelitian ini menggunakanjenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan lima narasumber. Langkah analisis data dibagi menjadi tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasilpenelitian ini menunjukan bahwa pelatihan karawitan yang diterapkan meliputi perencanaan pelatihan pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pelatihan. Perencanaan pelatihan meliputi mengukur kemampuan peserta didik menentukan materi memberikan materi sesuai dengan kemampuan peserta didik. Pelaksanaan pelatihan meliputi penyampaian materi pelatihan yang mudah dipahami oleh peserta didik dan Metode yang digunakan adalah group teaching method dan individual teaching method. Evaluasi pelatihanyang digunakan yaitu penilaian aspek sikap dan penilaian aspek keterampilan. Kesimpulan penelitian mengenai pelatihan karawitandi sanggar Anggara Laras baik tindakan dan tahapan yang digunakan pelatih pada kegiatan pelatihan sesuai dengantujuan sehingga dapat meningkatkan daya serap yang dimiliki peserta didik baik secara teori maupun praktek.Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat membuat materi yang kreatifdaninovatifsehinggamemaksimalkan hasil pelatihan karawitan menjadilebihaktifdanefektif. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73633

Actions (login required)

View Item View Item