Pengembangan komik sejarah karapan sapi untuk remaja sebagai media pelestarian budaya di Pamekasan / Nur Risa Tartila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik sejarah karapan sapi untuk remaja sebagai media pelestarian budaya di Pamekasan / Nur Risa Tartila

Tartila, Nur Risa (2020) Pengembangan komik sejarah karapan sapi untuk remaja sebagai media pelestarian budaya di Pamekasan / Nur Risa Tartila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tartila Nur Risa. 2019. Pengembangan Komik Sejarah Karapan Sapi sebagai Media Pelestarian Budaya di Pamekasan. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd. M.Pd Kata Kunci Komik. Karapan sapi. Sejarah Karapan Sapi Madura. Karapan sapi merupakan kegiatan permainan pacuan sepasang sapi dengan pasangan sapi lain yang dipertautkan keduanya dengan pangonong dan kaleles. Karapan sapi adalah kesenian lokal asli Madura yang harus dijaga dan tetap dilestarikan guna menjaga kelestarian budaya sebagai ikon Madura agar tidak punah ditelan oleh zaman. Namun faktanya di era modern ini remaja kurang peka dan tidak tertarik dengan budaya yang ada di daerahnya. Selain itu kurangnya sarana informasi dan buku bacaan yang merupakan salah satu sumber pengetahuan berbudaya masih terbilang sedikit sehingga tak jarang membuat remaja sulit mengakses ketersediaan buku budaya di daerah. Padahal budaya merupakan salah satu warisan dari nenek moyang yang seharusnya dilestarikan. Salah satu cara melestarikan budaya adalah dengan cara menanamkan kepada remaja tentang kecintaan terhadap budayanya sendiri. Maka dari itu dikembangkanlah komik sejarah karapan sapi Madura untuk mengenalkan dan memberi pengetahuan tentang sejarah karapan sapi yang dikemas dalam media komik. Komik tersebut akan membahas cikal bakal perjalanan karapan sapi Madura yang dikemas dalam komik cetak berwarna. Pengembangan komik sejarah karapan sapi Madura ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono. Adapun tahapan-tahapannya adalah potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain ujicoba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produksi masal. Berdasarkan hasil yang didapat selama melakukan penelitian hasil validasi dari ahli materi yaitu A Sulaiman Sadik selaku salah satu budayawan di Pamekasan memperoleh total persentase sebesar 83%. Sedangkan hasil validasi dari ahli media yaitu Yon Ade Lose selaku dosen Seni dan Desain di Universitas Negeri Malang memperoleh persentase sebesar 84%. Hasil uji coba pemakaian yang dilakukan di satu kelas sebanyak 30 siswa di SMA Negeri 5 Pamekasan mendapat persentase total sebesar 90% pada SMK Negeri 3 Pamekasan diperoleh hasil persentase total sebesar 91% dan pada MAN Jungcangcang Pamekasan memperoleh hasil persentase total sebesar 90%. Hasil pengembangan pengembangan media yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa komik sejarah karapan sapi Madura masuk ke dalam kriteria valid dan dapat digunakan sebagai media pelestarian budaya di Pamekasan serta menambah wawasan dalam mempelajari budaya khususnya karapan sapi untuk remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73168

Actions (login required)

View Item View Item