Pengembangan buku bergambar sebagai media pembelajaran dongeng asal usul dermayu pada mata pelajaran Bahasa Indramayu bagi peserta didik kelas V SDN Pawidean II / Cholfiyah Larassati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku bergambar sebagai media pembelajaran dongeng asal usul dermayu pada mata pelajaran Bahasa Indramayu bagi peserta didik kelas V SDN Pawidean II / Cholfiyah Larassati

Larassati, Cholfiyah (2020) Pengembangan buku bergambar sebagai media pembelajaran dongeng asal usul dermayu pada mata pelajaran Bahasa Indramayu bagi peserta didik kelas V SDN Pawidean II / Cholfiyah Larassati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Larassati Cholfiyah. 2020. Pengembangan Buku Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Dongeng Asal Usul Dermayu Pada Mata Pelajaran Bahasa Indramayu Bagi Peserta Didik Kelas V SDN Pawidean II. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triyono Widodo M.Sn (II) Lisa Sidyawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Buku Bergambar Bahasa Indramayu Media pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Indramayu di SDN Pawidean II kurang variatif sehingga membuat kegiatan pembelajaran kurang terlaksana dengan baik. Masalah yang dihadapi guru adalah ketika harus menerangkan bab Dongeng Asal Usul Dermayu karena dalam buku paket hanya terdapat sedikit ilustrasi sehingga peserta didik kesulitan untuk memahami alur cerita tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang sebelumnya hanyalah buku paket. Menjadi buku bergambar yang memiliki banyak ilustrasi sehingga peserta didik mampu memahami alur cerita pada bab Dongeng Asal Usul Dermayu dalam mata pelajaran Bahasa Indramayu. Selain itu penelitian pengembangan ini bertujuan untuk melihat hasil dari presentase tingkat kelayakan buku bergambar sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indramayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. menggunakan model pengembangan Sugiyono R D (Research and Development) yang sudah dimodifikasi. Langkah yang dilakukan pada penelitian ini adalah (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk. Penelitian ini dilakukan di SDN Pawidean II. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi serta 20 peserta didik kelas V SDN Pawidean II yang dipilih menggunakan random sample sebagai subjek uji coba kelompok kecil. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan angket yang kemudian dianalisis dan dikonversi dengan tabel kriteria kelayakan. Hasil validasi dari para ahli menunjukan bahwa produk ini layak digunakan dengan persentase (1) 87.5% dari ahli media yang dapat diartikan masuk ke dalam kriteria layak untuk dapat digunakan dengan merevisi kerapihan dari potongan buku (2) 92.85% dari ahli materi yang dapat diartikan masuk ke dalam kriteria layak untuk dapat digunakan dan (3) 88.37% dari hasil uji kelompok kecil yang termasuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran buku cerita bergambar dengan judul Dongeng Asal Usul Dermayu yang dapat digunakan oleh peserta didik dan guru dalam mata pelajaran Bahasa Indramayu. Media ini dapat digunakan sebagai panduan pesrta didik dalam memahami alur cerita dari bab Dongeng Asal Usul Dermayu dalam mata pelajaran Bahasa Indramayu baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Produk pengembangan selanjutnya dapat mengembangkan sesuai dengan materi dan inovasi yang lebih baru lagi sehingga dapat meningkatkan minat pesrta didik dalam mempelajari mata pelajaran Bahasa Indramayu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73167

Actions (login required)

View Item View Item