Sampah plastik sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis / Moch. Rizki Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Sampah plastik sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis / Moch. Rizki Nugroho

Nugroho, Moch. Rizki (2020) Sampah plastik sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis / Moch. Rizki Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nugroho Moch Rizki. 2019.Sampah Plastik Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Seni Lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd dan (2) Fenny Rochbeind S.Pd M.Sn Kata Kunci Sampah Plastik Pop Art PenciptaanSeni Lukis Sampah plastik sebagai sumber inspirasi penciptaan seni karena kondisi dan fenomena yang benar terjadi saat ini bahwa sampah harus dikelola agar tidak membahayakan lingkungan dan melindungi investasi pembangunan. Tujuan penciptaan untuk memaparkan proses penciptaan karya seni lukis dengan sampah plastik sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis dan mendeskripsikan visualisasi keenam karya lukis objek sampah plastik. Konsep penciptaan adalah kondisi lingkungan akibat sampah plastik. Adapun tema penciptaan keenam karya lukis adalah darurat sampah plastik . Alat dan bahan yang digunakandalam penciptaan ini berupa kuas penggaris selotip serta menggunakan cat akrilik dan marker.Karakteristik karya ini adalah terdapat visual obek sampah yang dikemas dengan gaya Pop Art yang memiliki susunan warna cerah dan mencolok yang berpengaruh dalam proses berolah seni. Menurut Hawkins penciptaan seni lukis ini melewati tiga tahap yaitu pertama eksplorasiini termasuk berpikir berimajinasi merasakan dan merespon objek yang dijadikan sumber penciptaan.Improvisasi tahap ini memberikan kesempatan yang lebih besar bagi imajinasi menyeleksi dan mencipta. Pembentukan tahap ini adalah suatu proses perwujudan dari berbagai percobaan yang telah dilakukan. Dalam penciptaan karya seni lukis dengan mengangkat objek sampah plastik sebagai sumber penciptaan karya seni lukis representasional ini pencipta mampu menghasilkan enam karya seni lukis yang orisinil dalam jangka waktu 3 bulan. Karya-karya pencipta merupakan hasil kreatif yang menggunakan tiga teknik yaitu teknik blok teknik sapuan kuas basah dan teknik detail untuk memfokuskan objek.Hasildari penciptaan lukis ini diharapkandapat menjadi refleksi tentang sebuah pengalaman berkarya agar dapat diterapkan dengan baik tanpa mengurangi atau membatasi seniman itu sendiri dalam mengeksplorasi ide-ide yang ada dibenaknya. Selain dari kalangan akademisi seniman maupun masyarakat luas jika karya cipta ini dibaca setidaknya akan mendapatkan sebuah pengetahuan pemahaman mengenai sampah plastik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73163

Actions (login required)

View Item View Item