Penciptaan produk kriya lukis kaca sebagai elemen estetik interior dengan tema Pandawa / Aulia Putri Noviyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan produk kriya lukis kaca sebagai elemen estetik interior dengan tema Pandawa / Aulia Putri Noviyani

Noviyani, Aulia Putri (2020) Penciptaan produk kriya lukis kaca sebagai elemen estetik interior dengan tema Pandawa / Aulia Putri Noviyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Noviyani Aulia Putri. 2019. Penciptaan Kriya Lukis Kaca sebagai Elemen Estetik Interior dengan Tema Pandawa. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ponimin M.Hum. (II) Drs.A.A.G. Rai Arimbawa M.Sn. Kata Kunci Pandawa lukis kaca interior Wayang sebagai sebuah kesenian yang bernilai estetik yang tinggi bukan hanya sekedar hiburan semata. Namun juga dapat memberikan nilai spiritual dan moral yang cukup tinggi. Dalam cerita pewayangan ada 2 kisah yang cukup terkenal yaitu kisah Mahabaratha dan Ramayana. Salah satu kisah yang cukup memberikan nilai moral dan spiritual adalah adanya tokoh Pandhawa Lima. Tokoh Pandawa mengandung beragam nilai moral dan spiritual yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Pandawa terdiri dari 5 tokoh yaitu Yudistira Bima Arjuna Nakula dan Sadewa. Penciptaan karya kriya lukis kaca ini bertujuan untuk (1) Mengangkat wayang Pandawa (2)Wayang Pandawa diterapkan pada elemen estetik interior berupa lukis kaca (3) Untuk memotivasi generasi muda bahwa lukis kaca dapat dijadikan sebagai benda fungsional bernilai estetik. Penciptaan ini menggunakan tahapan metode yang dikembangkan dari rancangan SP. Gustami proses penciptaan seni kriya. Tahapan penggalian ide rumusan konsep hingga mewujudkan suatu karya memerlukan tahapan yang runtut sebagai berikut (1) Tahap eksplorasi yaitu tahapan pencarian ide konsep dalam menciptakan karya seni. (2) Tahap perancangan menuangkan ide gagasan atau konsep ke dalam eksplorasi bentuk dan desain karya (3) Tahap perwujudan yaitu tahap mewujudkan tahap eksplorasi yang telah dilakukan menjadi sebuah karya. Hasil dari penciptaan ini adalah sebuah karya kriya lukis kaca dengan tema Pandhawa yang mana merupakan salah satu bentuk untuk menghargai budaya yang seharusnya dijaga dengan baik. Hasil penggalian sumber ide dari Pandhawa yang dijadikan konsep penciptaan karya diwujudkan dengan sebuah karya kriya lukis kaca. Karya kriya lukis kaca tersebut berjudul (1) Terang Kaca Pandawa berbentuk lampu hias limas segi lima (2) Dream Catcher Pandawa berbentuk dream catcher (3) Terang Gunungan Kaca Pandawa lampu hias dengan bentuk gunungan wayang (4) Jam Dinding Kaca Pandawa Jam dinding hias dengan bentuk lingkaran (5) Meja Kaca Pandawa Meja bundar hias dengan gambar Pandawa (6) Family of Pandawa penghias dinding persegi dengan gambar keluarga Pandawa. Karya-karya ini selanjutnya dianalisis untuk dimaknai sebagai karya skripsi penciptaan. Kriya lukis kaca dengan tema Pandawa ini dibuat sebagai pelengkap interior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73157

Actions (login required)

View Item View Item