Analisis motif Batik Gandring Singosari Desa Rogonoto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Anindiya Faulani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis motif Batik Gandring Singosari Desa Rogonoto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Anindiya Faulani

Faulani, Anindiya (2020) Analisis motif Batik Gandring Singosari Desa Rogonoto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Anindiya Faulani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faulani Anindiya. 2019. Analisis Motif Batik Gandring Singosari Desa Rogonoto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi M.Sn (II) Lisa Sidyawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Batik Gandring Singosari Visualisasi Motif Visualisasi Warna Batik Gandring Singosari merupakan rumah industri batik yang berada di wilayah Kabupaten Malang Kecamatan Singosari tepatnya di desa Rogonoto. Batik Gandring Singosari mengangkat potensi kekayaan alam dan destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang khususnya Kecamatan Singosari sebagai motif batiknya. Rumah Industri Batik Gandring Singosari ini memiliki motif unggulan yang menjadi ciri khas dan tidak dimiliki oleh rumah industri lainnya. Tema yang diangkat pada motif batiknya meliputi peninggalan Kerajaan Singosari dan destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan mengenai visualisasi motif batik dan visualisasi warna motif batik pada rumah industri Batik Gandring Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu produk batik dan narasumber dari rumah industri Batik Gandring Singosari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Pengecekan kebasahan temuan dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) visualisasi motif Batik Gandring Singosari ini mengangkat potensi peninggalan sejarah kekayaan alam dan destinasi wisata yang ada di wilayah sekitar Kabupaten Malang. Peninggalan sejarah yang diangkat kedalam motif batik ini adalah Candi Singosari dan Candi Sumberawan yang merupakan peninggalan Kerajaan Singosari. Objek yang dijadikan motif distilasi. Pola dalam motif Batik Gandring Singosari menggunakan pola non geometris. Motif utama digunakan sebagai penyampai ide dari penciptaan motif Batik Gandring Singosari. (2) visualisasi warna pada motif Batik Gandring Singosari menggunakan bahan pewarna alam dan pewarna sintetis (Naptol dan Indigosol). Kedua bahan pewarna tersebut digabungkan dalam penerapannya pada warna motif Batik Gandring Singosari. Terdapat perpaduan warna pada motif Batik Gandring Singosari yaitu warna terang dan warna gelap. Dalam proses pewarnaan menggunakan teknik celup dan colet. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis mengharapkan kepada semua pihak dari generasi muda maupun generasi tua untuk mengenal kekayaan budaya nusantara yaitu batik. Khususnya masyarakat Malang untuk lebih mengenal batik Gandring Singosari. Saat ini kita sebagai generasi penerus bangsa tugas kita yaitu menjaga dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73153

Actions (login required)

View Item View Item