Analisis visualisasi motif batik sasambo rembitan Sasak Nusa Tenggara Barat / Ririn Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis visualisasi motif batik sasambo rembitan Sasak Nusa Tenggara Barat / Ririn Andriani

Andriani, Ririn (2019) Analisis visualisasi motif batik sasambo rembitan Sasak Nusa Tenggara Barat / Ririn Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani Ririn 2019. Analisis Visualisasi Motif Batik Sasambo Rembitan Sasak Nusa Tenggara Barat. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Ponimin. M.Hum. II Lisa Sidyawati S.Pd. M.pd. Kata Kunci Visualisasi Motif Batik Sasambo Batik Sasambo merupakan kain batik bermotif khas daerah Nusa Tenggara Barat kebudayaan filosifi kesenian sering diangkat menjadi sumber ide penciptaan motif batik Sasambo. Salah satu rumah industri yang bergerak dalam dunia perbatikan adalah batik khas Sasambo Rembitan Sasak Nusa Tenggara Barat. Sasambo Mengangkat alam sekitar sebagai ide penciptaanya. Batik Sasambo kaya akan motif yang mana motifnya tidak dimiliki oleh rumah industri lain menskipun pada dasarnya diangkat dari satu tema yaitu Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilakukan di rumah indsutri batik khas Sasambo untuk mendiskripsikan visualisasi motif serta estetik batik Sasambo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah produk batik dan narasumber dari rumah insutri batik khas Sasambo pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) visualisasi motif batik Sasambo bersumber dari lingungan sekitar. Objek yang dijadikan motif mengalami proses stilasi penerapan stilasi oleh batik Sasambo sangat sederhana. Secara garis besar motif maupun polanya menerapkan pola non geometris dan geometris. Motif utama tidak selalu memiliki ukuran besar motif utama dijadikan sebagai penyampain ide oleh batik khas Sasambo Rembitan Sasak (2) Visualisasi warna batik Sasambo menggunakan bahan pewarna sintetis (remasol) karakteristik warna yang digunakanoleh batik Sasambo adalah warna-warna cerah.(3) visualisasi estetik motif batik Sasambo sama halnya dengan karya seni yang lain batik sasambo memiliki visual estetik usur dan prinsip yaitu cecekkan klowongan motif bidang ruang dan warna untuk prinsipnya mengguakan keutuhan keseimbagan dan penekanan. Berdasarkan hasil penelitian produk batik Sasambo dapat dijadikan sebagai pengenalan kekayaan budaya nusantara yaitu batik. Selain itu dapat memperkenalkan NTB kepada masyarakat luas. Baik kepada masarakat Nusa Tenggara Barat maupun masyarakar di luar Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73120

Actions (login required)

View Item View Item