Kesalahan penggunaan konjunktion pada teks karangan siswa kelas XII SMA Negeri 6 Malang / Rosa Fiana Mujiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan penggunaan konjunktion pada teks karangan siswa kelas XII SMA Negeri 6 Malang / Rosa Fiana Mujiono

Mujiono, Rosa Fiana (2019) Kesalahan penggunaan konjunktion pada teks karangan siswa kelas XII SMA Negeri 6 Malang / Rosa Fiana Mujiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Septin Ardi Windia. 2019.Penerapan Model Active Learning Tipe Card Sort Untuk Melatih Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Mandarin Kelas X Lintas Minat SMAN 1 Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurusan Sastra Jerman. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rosyidah Dr. M.Pd. (II) Octi Rjeky Mardasari B.A. MTCSOL Kata Kunci Active Learning Card Sort Keterampilan Menulis Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model active learning tipe card sort untuk melatih keterampilan menulis kalimat bahasa Mandarin kelas X lintas minat SMAN 1 Batu dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model tersebut. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah KD 3.5 dan 4.5 terkait kegiatan rutin sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa hasil pengamatan yang diperoleh melalui observasi saat penerapan model data respon siswa yang diperoleh melalui angket siswa dan data pendukung berupa hasil catatan lapangan sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Lintas Minat 2 bahasa Mandarin yang berjumlah 17 orang dan guru bahasa Mandarin. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model ini sudah berjalan sesuai rancangan yang tertuang dalam RPP. Selain itu respon siswa terhadap penerapan model ini cukup beragam. Menurut siswa penerapan model ini seru menyenangkan dan tidak membosankankan. Siswa juga berpendapat bahwa model ini dapat mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi di kelas membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi dan menambah kosakata bahasa Mandarin siswa serta membuat siswa menjadi terlatih dalam menulis kalimat bahasa Mandarin sesuai dengan tata bahasa yang telah dipelajari. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa model active learning tipe card sort membuat siswa menjadi lebih tertarik mengikuti pembelajaran dan dapat menumbuhkan semangat dalam belajar bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72432

Actions (login required)

View Item View Item