Analisis soal Penilaian Akhir Semester (PAS) tematik kelas V semester gasal tahun ajaran 2018/2019 Kota Malang / Mabruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis soal Penilaian Akhir Semester (PAS) tematik kelas V semester gasal tahun ajaran 2018/2019 Kota Malang / Mabruroh

Mabruroh (2019) Analisis soal Penilaian Akhir Semester (PAS) tematik kelas V semester gasal tahun ajaran 2018/2019 Kota Malang / Mabruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mabruroh. 2019. Analisis Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Tematik Kelas V Semester Gasal Tahun Ajaran 2018/2019 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd. (II) Puri Selfi Cholifah S.Pd M.Pd. Kata Kunci Analisis soal PAS Penilaian Penilaian tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan pembelajaran karena melalui penilaian dapat diketahui ketercapaian hasil belajar siswa. Penilaian di SD dapat dilakukan melalui kegiatan PAS untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar siswa selama satu semester. Soal-soal dalam PAS harus benar-benar mengukur kemampuan siswa yang disesuaikan dalam indikator soal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah butir soalnya sesuai dengan tingkatan kognitif yang dituntut dalam KD dan memenuhi kriteria penyusunan soal yang baik sesuai dengan kaidah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian analisis isi. Objek penelitiannya adalah soal PAS Tematik kelas V tahun ajaran 2018/2019 Kota Malang. Dalam soal PAS tematik terdapat 5 muatan yaitu PKn Bahasa Indonesia IPA IPS dan SBdP yang jumlah keseluruhannya 174 soal dari Tema 1-5. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui studi dokumen dan hasilnya dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ditinjau dari tingkatan kognitif menunjukkan bahwa soal yang mengukur kemampuan mengingat (C1) sebesar 43% kemampuan memahami (C2) sebesar 33% dan paling sedikit pada pengukuran kemampuan menganalisis sebesar 2%. Ditinjau dari kesesuaian rumusan butir soal dengan kaidah penulisan soal pada bentuk pilihan ganda termasuk ke dalam kategori sangat sesuai karena 94 5% soal disusun sesuai dengan kaidah dan ketidaksesuaian terdapat pada segi penulisan ejaan. Bentuk soal isian termasuk ke dalam kategori sesuai karena sebesar 79 6% soal disusun sesuai kaidah sedangkan ketidaksesuaian terdapat pada kaidah rumusan soal dan indikator dalam kisi-kisi. Pada bentuk soal uraian termasuk dalam kategori sangat sesuai karena sebesar 100% soal disusun sesuai dengan kaidah. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa distribusi tingkatan kognitif pada soal PAS Tematik kelas V belum merata karena didominasi oleh tingkatan C1 dan C2 selain itu rumusan soal PAS dengan kaidah penulisan sudah sesuai. Tetapi pemilihan KKO pada kisi-kisi soal belum sesuai dengan bentuk soal yang digunakan. Saran bagi Diknas Pendidikan Kota Malang untuk lebih memperhatikan distribusi tingkatan kognitif pada soal agar lebih merata. Selain itu akan lebih baik apabila sebelum soal dibuat guru-guru yang ditunjuk sebagai pembuat kisi-kisi penyusun dan pereview soal diberikan pelatihan mengenai pembuatan soal baik dari segi tingkatan kognitif maupun kesesuaian dengan kaidah penulisan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70662

Actions (login required)

View Item View Item