Peningkatan hasil belajar memaparkan informasi penting teks narasi sejarah melalui metode everyone is a teacher here pada siswa kelas V SDN Jeblog 1 Kabupaten Blitar / Ardian Devi Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar memaparkan informasi penting teks narasi sejarah melalui metode everyone is a teacher here pada siswa kelas V SDN Jeblog 1 Kabupaten Blitar / Ardian Devi Kusuma

Kusuma, Ardian Devi (2019) Peningkatan hasil belajar memaparkan informasi penting teks narasi sejarah melalui metode everyone is a teacher here pada siswa kelas V SDN Jeblog 1 Kabupaten Blitar / Ardian Devi Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Kusuma. Ardian Devi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Memaparkan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah Melalui Metode Everyone Is A Teacher Here pada Siswa Kelas V SDN Jeblog 1 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang. Pembimbing (1) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. (2) Ferril Irham Muzaki S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hasil belajar metode everyone is a teacher here memaparkan informasi Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN Jeblog 1 Kab. Blitar tanggal 23 November 2019 diperoleh data guru belum menanamkan konsep menggali informasi dari teks siswa masih kesulitan dalam kegiatan menggali informasi melalui membuat pertanyaan menggali siswa kesulitan dalam memaparkan informasi penting dari teks secara lisan serta informasi yang dipaparkan sangat singkat dan kurang jelas. Hasil belajar siswa masih rendah ketuntasan belajar klasikal hanya sebesar 29 6%. Dari 27 siswa hanya 8 siswa yang memperoleh nilai 8805 75 dan dinyatakan tuntas. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan penerapan metode everyone is a teacher here pada pembelajaran materi memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah melalui penerapan metode everyone is a teacher here. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Setap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Persentase aktivitas guru siklus I sebesar 87 3% berkriteria baik siklus II meningkat menjadi 100% berkriteria sangat baik. Persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 88 5% berkriteria baik siklus II meningkat menjadi 97 5% berkriteria sangat baik. Hasil belajar aspek sikap pada siklus I menunjukkan masih terdapat 9 siswa yang memperoleh kriteria perlu bimbingan pada sikap percaya diri dan tanggung jawab aspek sikap meningkat pada siklus II yakni keseluruhan siswa telah memperoleh kriteria sangat baik pada ketiga aspek sikap. Persentase ketuntasan klasikal aspek keterampilan siklus I sebesar 51 8% kriteria sangat kurang siklus II meningkat menjadi 92 5% kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal aspek pengetahuan siklus I 66% kriteria kurang. Siklus II meningkat menjadi 100% kriteria sangat baik. Disimpulkan penerapan metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar materi memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah pada siswa kelas V SDN Jeblog 1 Kab. Blitar. Dengan demikian guru hendaknya menerapkan metode everyone is a teacher here dalam pembelajaran agar aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar dapat mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

View Item View Item