Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 menggunakan model problem based learning / Wisnu Cahyo Laksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 menggunakan model problem based learning / Wisnu Cahyo Laksono

Laksono, Wisnu Cahyo (2018) Upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 menggunakan model problem based learning / Wisnu Cahyo Laksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Laksono Wisnu Cahyo. 2017. Upaya Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Madyopuro Menggunakan Model Problem Based Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd (II) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd M.Pd. Kata Kunci peningkatan pembelajaran IPA model Problem Based Learning. Meninjau permasalahan yang ditemui peneliti di kelas IV SDN Madyopuro 6 seperti kurangnya pembelajaran dalam perencanaan pelaksanaan aktivitas siswa dan hasil maka peneliti menggunakan model Problem Based Learning untuk mengatasinya. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan bagaimanakah perencanaan pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Madyopuro 6. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 dengan jumlah 22 siswa. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan model deskriptif serta jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) terjadi peningkatan kualitas RPP pada keseluruhan tindakan yakni sebesar 83 33% hingga 95 83% (2) peningkatan aktivitas guru juga terjadi pada keseluruhan tindakan yakni sebesar 76 92% hingga 88 46% (3) peningkatan aktivitas belajar siswa juga terjadi pada setiap tindakan yaitu sebesar 66% hingga 82% (4) peningkatan pada data hasil belajar akhir siswa yang juga meningkat pada setiap tindakan untuk persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 36 36% hingga 81 82%. Kesimpulan dari penelitan ini yaitu dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Madyopuro 6

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item