Penggunaan majalah cerita anak untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II di SDN I Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek / Nur Stalis Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan majalah cerita anak untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II di SDN I Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek / Nur Stalis Azizah

Azizah, Nur Stalis (2018) Penggunaan majalah cerita anak untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II di SDN I Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek / Nur Stalis Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Nur Stalis. 2017. Penggunaan Majalah Cerita Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II di SDN I Ngaisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah (KSDP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Majalah Cerita Anak KemampuanMembaca Siswa PIRLS (Low) Hasil observasi di kelas II SDN I Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa belum optimal. Kesulitan-kesulitan yang ditemui antara lain (1) Kurang telitinya siswa untuk membaca sehingga tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai isi bacaan. (2) Terdapat 13 dari 32 siswa yang tidak tertarik untuk membuka buku pelajaran saat guru memberi perintah untuk membaca dan lebih asyik bermain sendiri. (3) Ada 1 orang siswa dari 32 siswa yang tidak bisa membaca dengan lancar seperti mengeja persuku kata.Selain itu guru hanya menyediakan buku-buku sumber bacaan yang monoton yang terdapat pada buku siswa.Tujuanpenelitian ini yakni (1)Menerapkan penggunaan majalah cerita anak dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas II. (2) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas II ditinjau dari penggunaan majalah cerita anak. Rancanganpenelitian yang digunakanadalahpenelitiantindakankelas denganmodel penelitianbersiklusolehKemmis Taggart.SetiapSiklusterdiridariplanning (perencanaan) acting and observing (tindakan dan pengamatan) reflecting (perefleksian) dan revise plan (perbaikan rencana).Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus setiapsiklusterdiridari3pertemuan. Subjekpenelitianberjumlah32anak Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah cerita anak dapatmeningkatkankemampuan membaca siswa kelas II di SDN I Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Hal inidibuktikanmelalui hasil tes siklus I menghasilkan nilai rata-rata kelas 81 40 dengan persentase ketuntasan klasikal 78 125% dan meningkat pada siklus II dengan hasil nilai rata-rata kelas 89 76 dengan persentase kelulusan klasikal 89 58%.. Penelitimemberikankesimpulanbahwapenerapanmajalah cerita anak sebagai bahan bacaan siswadapatmeningkatkankemampuan membaca anak danpengaruh yang positifpada saat pembelajaran yaknimenciptakansuasanabelajar yang menyenangkanbagisiswa sehinggamampumeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswakelas II di SDN I Ngadisuko. Peneliti juga memberikan saran bagiguruuntuktidak selalu menggunakan bahan bacaan yang ada pada buku siswa sehingga bahan bacaan siswa tidak monoton dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih memperhatikan penggunaan kata tanya dalam pembuatan instrumen. ABSTRACT Azizah Nur Stalis. 2017.The Use of Children Story Magazine to Improve Student Reading Ability for 2nd Grade SDN I NgadisukoDurenan District Trenggalek Regency. Mini Thesis Study Program of Elementary School Teacher Education Department of Elementary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (I) Dr. MuhanaGipayana M.Pd (II) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. Keywords Child s Story Magazine Student Reading Ability PIRLS (Level Low) Observation result obtained from 2nd Grade SDN (Public Elementary School) I NgadisukoDurenan District Trenggalek Regency showed that student reading ability was not optimum yet. The difficulties found in the observation as follow (1) Less careful of students in reading thus the students unable to answer questions about reading content (2) There were 13 from 32 students that not interested to read learning book while teacher asking them to read rather than they just enjoy playing around (3) There was 1 students from 32 students that unable to read fluently such as spelling per syllable. Besides that teacher only provided monotonous reading sources included into student book. The objectives of this research as follow (1) Implementing the use of child s story magazine in order to improve student reading ability in 2nd Grade and (2) Improving student ability of reading understanding in 2nd Grade seen from the use of child s story magazine. The research design used in this research was classroom action research with cycle research model by Kemmis Taggart. Each cycle consists of planning acting and observing reflecting and revising plan. This research conducted in 2 cycles where each cycle consists of 3 meetings. The research subject was 32 students. The research result showed that child s story magazine can improve student reading ability in 2nd Grade SDN I NgadisukoDurenan District Trenggalek Regency. It was proven through test result in cycle I which obtained average class score of 81.40 with classical passing percentage of 78.125%. The result improved in cycle II with average class score of 89.76 with classical passing percentage of 89.58%. The researcher concludes that the implementation of child s story magazine as student reading material can improve student reading ability and has positive effect during the learning which is creating fun learning situation for students thus they are able to improve student ability of reading understanding in 2nd Grade SDN I Ngadisuko. The researcher also suggested that teacher should not always use reading material in student book thus reading material for students is not monotonous and for the next researcher it is expected to pay more attention on the use of question word in instrument making.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6747

Actions (login required)

View Item View Item