Pengembangan media monopoli edukatif untuk pembelajaran subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam ekosistem kelas V SDN Bareng 2 Kota Malang / Amirohana Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli edukatif untuk pembelajaran subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam ekosistem kelas V SDN Bareng 2 Kota Malang / Amirohana Mayasari

Mayasari, Amirohana (2017) Pengembangan media monopoli edukatif untuk pembelajaran subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam ekosistem kelas V SDN Bareng 2 Kota Malang / Amirohana Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mayasari Amiirohana. 2017. Pengembangan Media Monopoli Edukatif untukPembelajaranSubtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V SDN Bareng 2 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd Kata Kunci Media Monopoli Edukatif Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Sekolah Dasar Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada siswa. Berdasarkan wawancara dengan wali kelas V SDN Bareng 2 Kota Malang ditemukan bahwa penggunaan media pada pembelajaran masih kurang hal tersebut dikarenakan kurangnya media pada kelas tersebut. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu usaha dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media monopoli edukatif tema 8 yaitu Ekosistem subtema 2 yaitu Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem pembelajaran 1 dan 3 untuk kelas V yang telah ditinjau atau dievaluasi oleh ahli media ahli materi dan pengguna yaitu guru dan siswa serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan media monopoli edukatif ditinjau dari hasil pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development(R D) dengan mengacu kepada model prosedural yang diadaptasi dari model penelitian Dick Carey. Pengembangan media monopoli edukatif ini dilakukan melalui sembilan tahap yaitu (1) analisis kebutuhan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pebelajar atau siswa (4) merumuskan tujuan performansi atau unjuk kerja (5) mengembangkan instrumen atau alat tes (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) evaluasi konsultan ahli dan revisi dan (9) melakukan evaluasi formatif dan revisi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa angket dan wawancara tidak terstruktur. Hasil yang diperoleh melalui tahap evaluasi ahli didapatkan persentase skor sebesar 94% dari ahli media persentase skor sebesar 97 5% dari ahli materi persentase skor sebesar 95% dari guru persentase skor95%darisiswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari ahli media ahli materi dan pengguna yaitu guru dan siswa media monopoli edukatif termasuk ke dalam kategori media yang sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Hal tersebut diperkuat dengan perolehan nilai pre test dan post test. Perolehan nilai pre test dapat disimpulkan persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM hanya sebesar 8 6%. Sedangkan dari perolehan nilai post test dapat disimpulkan bahwa sebesar 87% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item View Item