Kepemimpinan transformasional kepala sekolah (studi multikasus pada dua SMA negeri dan satu MA negeri berprestasi di Kota Banda Aceh) / Fauzuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan transformasional kepala sekolah (studi multikasus pada dua SMA negeri dan satu MA negeri berprestasi di Kota Banda Aceh) / Fauzuddin

Fauzuddin (2011) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah (studi multikasus pada dua SMA negeri dan satu MA negeri berprestasi di Kota Banda Aceh) / Fauzuddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji KH M.A Ph. D. (II) Prof. Dr. Willem Mantja M. Pd (III) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd Kata kunci kepala sekolah kepemimpinan transformasional sekolah menengah atas madrasah aliyah. Pendidikan merupakan usaha membantu anak didik mencapai kedewasaan diselenggarakan dalam suatu kesatuan organisasi sehingga usaha yang satu de-ngan lainnya saling berhubungan dan saling mengisi. Pengelolaan pendidikan dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta berkelanjutan meru-pakan komitmen dalam pemenuhan janji sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam memberi arah kepada sebuah sekolah yang sukses. Sangat erat hu-bungannya antara mutu kepala sekolah dengan berbagai aspek kehidupan sekolah seperti disiplin sekolah iklim budaya sekolah dan juga termasuk perilaku negatif peserta didik. Dalam pada itu kepala sekolah bertanggung jawab atas manajemen pendidikan secara mikro yang secara langsung berkaitan dengan proses pembela-jaran di sekolah. Sebagimana dikemukakan dalam Pasal 12 ayat 1 PP Nomor 28 tahun 1990 bahwa Kepala sekolah bertanggungjawab atas penyelenggaraan ke-giatan pendidikan administrasi sekolah Pembinaan tenaga kependidikan lainnya dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana . Penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan lebih mendalam tentang kepemimpian kepala sekolah pada dua Sekolah Menengah Atas dan satu Madrasah Aliyah Negeri berprestasi di Kota Banda Aceh. Tegasnya bahwa penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah dalam melakukan perubahan di sekolahnya sehingga menjadi sebuah sekolah yang berprestasi baik dalam perannya dalam membangun visi dan misi sekolah upaya yang dilakukan-nya dalam mengelola perubahan di sekolah dan dukungan atau bantuannya terha-dap transformasi individu guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam ob-servasi partisipasi dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi member check dan diskusi teman sejawat. Sedangkan pengecekan auditabilitas data penelitian dilakukan dengan para pembimbing se-bagai independent auditor untuk mengauditnya. Data yang terkumpul melalui ke-tiga teknik tersebut diorganisir ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang baik melalui analisis dalam kasus maupun melalui analisis lintas kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transfor-masional yang diterapkan oleh kepala sekolah sangat efektif dalam menciptakan sebuah sekolah menjadi berprestasi yaitu melalui upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah seperti Pertama dalam mengembangkan visi dan misi sekolah kepala sekolah terlebih dahulu melakukan observasi dan mendalami budaya sekolah mempelajari kekuatan dan kelemahan sekolah melibatkan semua unsur sekolah dalam menciptaka visi dan misi sekolah mensosialisasikan visi dan misi sekolah yang ingin dicapai dan visi tersebut kemudian dioperasionalkan ke dalam misi dan diterjemahkan ke dalam tujuan yang jelas serta dikomunikasikan kepada seluruh warga sekolah. Kedua dalam melakukan berbagai perubahan disekolah kepala sekolah (1) menerapkan pola kepemimpinan yang demokratis (2) mampu membangun jaring-an kerjasama dengan seluruh personil sekolah dan pihak luar baik dalam upaya peningkatan prestasi siswa maupun dalam upaya peningkatan kualitas profesiona-lisme guru (3) pelibatan staf dalam pengambilan keputusan (4) memiliki keung-gulan dalam membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak (5) memba-ngun tim kerja (team-work) yang kuat (6) mampu menciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif (7) menfasilitasi bawahannya dalam bekerja dan pengemba-ngan diri (8) memotivasi para guru dan siswa agar memiliki minat dan semangat untuk berkembang dan belajar lebih giat (9) menciptakan atmosfir yang mendo-rong para siswa untuk belajar dengan suasana yang nyaman melalui penyediaan fasilitas belajar yang nyaman layanan khusus inovasi pembelajaran penyeleng-garaan kegiatan intra dan ekstra kurikuler yang menyenangkan dan (10) melaku-kan analisis SWOT dan sasaran strategis dengan cara melibatkan pihak-pihak yang terkait secara proporsional. Ketiga dalam mendukung/membantu transformasi individu guru kepala sekolah (1) melakukan pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru mela-lui program MGMP (2) mendorong guru untuk mau mengikuti berbagai seminar pelatihan dan workshop (3) mengajak guru untuk melakukan penelitian dan suka menulis sebagai tujuan dalam meningkatkan kualitas individu guru (4) memberi kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan (5) memberi kesempatan guru untuk membimbing kelompok kreativitas siswa (6) menciptakan strategi atau kebijakan untuk mensukseskan pikiran-pikiran yang inovatif (7) bersama-sama guru mengembangkan mencari dan menggunakan metode-metode mengajar sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku (8) melakukan perencanaan kebutuhan anggaran untuk pembinaan guru dan melakukan supervisi. Kepala sekolah diharapkan untuk tetap meningkatkan kualitas kepemim-pinannya dan tetap mempertahankan image masyarakat tentang sekolah favorit dan berprestasi terhadap ketiga sekolah tersebut dengan terus meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa dan senantiasa mempertahankan dukungan atau pembinaan kepada guru untuk mengembangkan kualitas diri mereka melalui kegiatan-kegiatan pendidikan dan pelatihan seminar workshop kursus-kursus dan juga memberikan kesempatan melanjutkan pendidikan lanjut khususnya bagi guru-guru yang memiliki minat dan berpotensi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63845

Actions (login required)

View Item View Item