Implementasi kebijakan SD-SMP Satu Atap (studi multisitus di Kecamatan Ngablak, Pakis dan Sawangan Kabupaten Magelang) / Wiwik Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kebijakan SD-SMP Satu Atap (studi multisitus di Kecamatan Ngablak, Pakis dan Sawangan Kabupaten Magelang) / Wiwik Wijayanti

Wijayanti, Wiwik (2011) Implementasi kebijakan SD-SMP Satu Atap (studi multisitus di Kecamatan Ngablak, Pakis dan Sawangan Kabupaten Magelang) / Wiwik Wijayanti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci wajib belajar SD-SMP Satu Atap implementasi kebijakan. Implementasi kebijakan pendidikan adalah suatu proses menjalankan menyelenggarakan atau mengupayakan alternatif yang sudah ditetapkan untuk mencapai tujuan. SD-SMP Satu Atap merupakan salah satu kebijakan pendidikan. Dalam implementasi kebijakan SD-SMP Satu Atap harus didukung oleh ketersediaan komponen-komponen sistem pendidikan yang lain seperti ketersediaan siswa guru tenaga kependidikan kurikulum sarana prasarana keuangan dan stakeholders agar tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dalam pengelolaan pendidikan selalu saja ada masalah. Upaya pemecahan masalah tersebut untuk memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat. Pengimplementasian kebijakan SD-SMP Satu Atap ini perlu adanya perencanaan. Perencanaan yang sudah disusun dan diputuskan harus disosialisasikan kepada stakeholders agar mereka mengerti memahami dan pada akhirnya mendukung program atau kebijakan ini. Setelah program disosialisasikan proses selanjutnya adalah implementasi kebijakan. Dengan keterlibatan stakeholders dan dukungan komponen-komponen yang lain maka keberadaan SD-SMP Satu Atap akan tetap berlangsung dan berkualitas. Bagaimana pengimplementasian kebijakan SD-SMP Satu Atap dan keberlanjutan programnya belum begitu terungkap. Semua hal yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah yang berkaitan dengan proses implementasi kebijakan SD-SMP Satu Atap yang meliputi proses perencanaan SD-SMP Satu Atap proses sosialisasi SD-SMP Satu Atap proses implementasi dan peran stakeholders. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses perencanaan kebijakan SD-SMP Satu Atap (2) mendeskripsikan proses sosialisasi kebijakan SD-SMP Satu Atap (3) mendeskripsikan proses implementasi kebijakan SD-SMP Satu Atap dan (4) mendeskripsikan peran stakeholders dalam implementasi kebijakan SD-SMP Satu Atap. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dan penelitian dirancang dengan menggunakan multisitus. Sumber data meliputi Kepala SD-SMP Satu Atap sebagai key informan guru siswa masyarakat Kepala UPT dan Kasi Dikdas. Dalam kegiatan pengumpulan data terbagi atas tiga tahapan yakni (1) tahap persiapan (2) tahap pengumpulan data dan (3) tahap pencatatan data. Data yang terkumpul dianalisa dengan kegiatan (1) pengkoleksian data (2) penampilan data (3) reduksi data dan (4) kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan serta keabsahan data dilakukan dengan menggunakan derajat kepercayaan derajat keterlibatan derajat ketergantungan dan derajat kepastian. Temuan penelitian yang dilakukan pada tiga SD-SMP Satu Atap menunjukkan bahwa (1) perencanaan pendirian SD-SMP Satu Atap sesuai dengan persyaratan terisolir terpencil dan terpencar berdasarkan kebutuhan masyarakat (social demand approach) dalam perencanaan melibatkan berbagai pihak (2) sosialisasi dilakukan oleh Kepala SD-SMP Satu Atap kepada tokoh masyarakat untuk disampaikan kepada warga masyarakat kesadaran masyarakat dalam pendidikan semakin meningkat (3) pihak SD SMP dan desa bekerja sama dan saling mendukung dalam pelaksanaan kebijakan SD-SMP Satu Atap penyelenggaraan SD-SMP Satu Atap dapat menyerap tenaga kerja (4) peran stakeholders dalam pendidikan sesuai dengan kewenangan dan kemampuan masing-masing. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa dalam implementasi kebijakan pendidikan harus memperhatikan aspek-aspek sosiobudaya sosio ekonomi sosiopolitik psikologi dan manajemen pendidikan. Dalam pelaksanaan suatu kebijakan harus mendapat dukungan dari semua pihak (stakeholders) ketersediaan sumberdaya dan kemudahan fasilitas yang diperlukan sehingga program wajib belajar dicapai secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63836

Actions (login required)

View Item View Item