Rahayu, Alif Febrinia (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif carousel feedback dan number head together untuk meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gondangwetan 1 Pasuruan / Alif Febrinia Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Rahayu Alif Febrinia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Carousel Feedback dan Number Head Together Untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV SDN Gondangwetan 1 Pasuruan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. Kata Kunci carousel feedback number head together efikasi diri hasil belajar muatan IPS Hasil observasi yang dilakukan di kelas IVB SDN Gondangwetan 1 Pasuruan pada pembelajaran tematik muatan IPS menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang berinteraksi dan berpartisipasi aktif kurang memiliki keberanian untuk bertanya menjawab pertanyaan guru dan mengemukakan pendapat. Selain itu siswa juga kurang yakin dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru siswa justru melihat pekerjaan temannya. Fakta tersebut menunjukkan kurangnya keyakinan diri yang dimiliki oleh siswa. Ketuntasan hasil belajar muatan IPS siswa pada hasil UTS semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa hanya 40% atau 8 dari 20 siswa yang mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penerapan model pembelajaran carousel feedback dan number head together peningkatan efikasi diri dan hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas IV SDN Gondangwetan 1 Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Tahap setiap siklus yaitu perencanaan pelaksanaan dan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gondangwetan 1 Pasuruan dengan subjek penelitian 20 siswa kelas IV tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian yang diperlukan yaitu penerapan model pembelajaran carousel feedback dan number head together efikasi diri dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu pedoman observasi lembar angket lembar catatan lapangan dan lembar tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif carousel feedback dan number head together terlaksana dengan sangat baik (2) penerapan model pembelajaran kooperatif carousel feedback dan number head together dapat meningkatkan efikasi diri siswa kelas IV SDN Gondangwetan 1 Pasuruan. Hasil angket efikasi diri pada siklus I 65% termasuk kriteria cukup baik kemudian mengalami peningkatan 20% pada siklus II menjadi 85% dengan kriteria baik (3) penerapan model pembelajaran kooperatif carousel feedback dan number head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I 70% termasuk kriteria belum tuntas mengalami peningkatan 10% pada siklus II menjadi 80% termasuk kriteria tuntas. ii Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran carousel feedback dan number head together dapat meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IVB SDN Gondangwetan 1 Pasuruan. Berikut ini beberapa saran terkait penelitian ini yaitu guru harus menjelaskan dengan rinci setiap langkah-langkah model agar siswa dapat mengikuti penerapan model tersebut dengan sangat baik dan kondusif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63272 |
Actions (login required)
View Item |