Peningkatan motivasi, keterampilan sosial, dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran inside-outside circle dan quiz-quiz trade di SD Ummu Aiman Lawang Malang / Rizqi Andriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi, keterampilan sosial, dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran inside-outside circle dan quiz-quiz trade di SD Ummu Aiman Lawang Malang / Rizqi Andriyani

Andriyani, Rizqi (2018) Peningkatan motivasi, keterampilan sosial, dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran inside-outside circle dan quiz-quiz trade di SD Ummu Aiman Lawang Malang / Rizqi Andriyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriyani Rizqi. 2018. Peningkatan Motivasi Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV melalui Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade di SD Ummu Aiman Lawang Malang. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (2) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Kata Kunci motivasi belajar keterampilan sosial hasil belajar inside-outside circle quiz-quiz trade Berdasarkan pada hasil observasi pada guru dan siswa di kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Malang dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran muatan IPS terdapat berbagai permasalahan. Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya (1) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa masih bersifat komunikasi satu arah (2) pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik bagi siswa sehingga menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa (3) sebagian besar siswa cenderung tidak mau berkomunikasi dengan beberapa teman tertentu dan ketika melaksanakan diskusi 1 atau 2 siswa yang terlibat lainnya sering bermain-main sendiri sehingga menyebabkan rendahnya keterampilan sosial siswa (4) hasil UTS muatan IPS menujukkan bahwa dari 31 siswa sebanyak 22 siswa (70 97%) memperoleh nilai di bawah KKM (tidak tuntas) dan hanya 9 siswa (29 03%) yang memperoleh nilai di atas KKM (tuntas). Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa muatan IPS rendah. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang melalui model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau yang sering dikenal dengan Classroom Action Research (CAR) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi angket/kuesioner tes wawancara dan dokumentasi. Adapun kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan pada penelitian ini adalah apabila motivasi keterampilan sosial dan hasil belajar siswa mencapai 8805 80% dari keseluruhan siswa yang mempunyai motivasi belajar keterampilan sosial dan hasil belajar yang tinggi. Hasil analisis data penelitian tindakan yang telah dilaksanakan pada siklus I menunjukkan bahwa (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 93 58% dan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 96 15% (2) hasil observasi keterampilan sosial siswa pada siklus I sebesar 73 15% (3) hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 78 92% dan (4) hasil belajar IPS siswa mencapai 58 06%. Data pada siklus I tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pada tindakan selanjutnya yaitu siklus II. Pada siklus II menunjukkan bahwa (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 97 75% dan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa sebesar 97 43% (2) hasil analisis data angket motivasi belajar siswa mencapai 94 87% (3) hasil observasi keterampilan sosial siswa sebesar 90 96% dan (4) hasil belajar kognitif siswa muatan IPS pada siklus II sebesar 90 32%. Hasil analisis data pada siklus II tersebut menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus atau tindakan selanjutnya. Berdasarkan pada hasil tindakan penelitian yang telah dilaksanakan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade dapat meningkatkan motivasi belajar keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Malang. Sehingga dapat diajukan sebagai saran bahwa (1) bagi guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade sebagai pilihan model pembelajaran yang layak dalam melaksanakan pembelajaran IPS sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Penerapan model Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade membutuhkan pengelolaan kelas baik tempat waktu bentuk kartu soal maupun pengelompokan siswa yang baik agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan sesuai tujuan (2) bagi peneliti selanjutnya dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Inside-Outside Circle dan Quiz-Quiz Trade sebaiknya a) guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran secara terperinci dan jelas hingga siswa dapat menjalankan perannya dalam pembelajaran dengan baik b) pelaksanaan model Inside-Outside Circle apabila jumlah siswa melebihi 20 siswa hendaknya pembentukan kelompok setiap lingkaran idealnya 6-8 siswa dengan demikian pembelajaran akan menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63266

Actions (login required)

View Item View Item