Khohar, Moh Adnan (2016) Penerapan Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media interaktif untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri / Moh Adnan Khohar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khohar Moh Adnan. 2016. Penerapan Team Games Tournament (TGT) Berbantuan MediaInteraktifuntuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. (2) Dr. Munzil M.Si. Kata kunci penerapan TGT media interaktif aktivitas belajar siswa. Darihasilstudipendahuluantentang nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri pada tahun 2015/2016 ditemukan bahwa nilai hasil belajar siswa masih rendah. Ketuntasan belajar hanya mencapai 25 3%. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan model dan metode pembelajaran ceramah dan penugasan. Media pembelajaran hanya sebatas gambar yang terdapat pada buku siswa sehingga siswa cenderung mengalami kebosanan. PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas (PTK). Subjekpenelitianadalahsiswakelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri yang berjumlah 29 siswa. Instrument yang digunakandalampenelitianinimeliputi 1) lembarobservasi 2) catatanlapangan 3) Tes 4) dokumentasi. Tahapandalamalurpenelitianberupasiklusdengan 3 tahapan antara lain 1) perencanaan 2) tindakandanpengamatan 3) refleksidantindaklanjut.Pembelajarankooperatifberbantuan media interaktifmemilikilangkah-langkahpembelajaran meliputi 1) Penyajiankelas 2) Belajardalamkelompokdenganmemanfaatkan media interaktif 3) permainan (game) 4) pertandingan (tournament) 5) penghargaankelompok (recognize team). Pembelajarankooperatif TGT berbantuan media interaktifmenekankanpadapemkasimalansiswamemperolehpemahamanmateriuntukmencapaitujuanpembelajaranuntukmengatasimasalahaktivitasdanhasilbelajarsiswa yang rendah. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa keterlaksanaan pembelajaran TGT berbantuan media interaktif oleh guru maupun siswa telah terlaksana dengan sangat baik. Pada siklus I skor keterlaksanaan pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media interaktif oleh guru sebesar 75 51 sedangkan oleh siswa sebesar 75 41. Skor keterlaksanaan penerapan TGT berbantuan media interaktifolehguru padasiklus II sebesar 83 3 dan oleh siswa mencapai84 96.Hasilobservasi aktivitas belajarsiklus I sebesar 71 15 dan siklus IIsebesar 81 61.Hasil belajarpengetahuanpada siklus I mencapai 72 23% kemudianSiklus IImencapai 82 75%. Hasil belajar sikap siklus I dan siklus II diperoleh skor mencapai 73 26 siklus II mencapai 80 17. Ketercapaian ketrampilan belajar siswa siklus I mencapai 74 33 dan siklus II mencapai 80 38. Berdasarkan analisis data observasi aktivitas guru dan siswa observasiaktivitas belajar hasiltesdanobservasihasilbelajar hasilcatatanlapangan danhasilwawancarabahwamelaluipenerapan TGT berbantuan media interaktif mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63018 |
Actions (login required)
View Item |