Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada SDN kelas IV Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Tety Nur Cholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada SDN kelas IV Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Tety Nur Cholifah

Cholifah, Tety Nur (2016) Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada SDN kelas IV Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Tety Nur Cholifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cholifah T.N. 2016.PengaruhLatarBelakang Tingkat PendidikanOrangtuadan Gaya belajarterhadapHasilBelajarSiswapada SDN Kelas IV KecamatanSananwetan Kota Blitar.Tesis. Program StudiPendidiksnDasar Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng M.Pd(2) Prof. Dr. SugengUtaya M.Si. Kata Kunci LatarBelakang Tingkat PendidikanOrangtua Gaya Belajar HasilBelajar. Hasilbelajardapatmeningkatjikaorangtuadapatmembimbinganaknyabelajarsesuaidengankarakteristikbelajarsiswadansiswadapatmengetahuigayabelajardenganmemilihcarabelajaryang cocokbagidirinya. Orangtua yang berpendidikantinggidapatmembimbinganaknyadalambelajar.Latarbelakangtingkatpendidikanorangtuayaitutingkatpendidikanterakhiryang ditembuholehseorangibu semakintinggipendidikanibumakaakanmudahdapatmengarahkananaknyadalambelajardanjugadapatmengarahkananakbelajarsesuaidengangayabelajar yang dimilikiolehsiswa. Gaya belajarmerupakancarabelajar yang termudahdan media pembelajaran yang tepatuntukmencapaitujuanpembelajaran yang telahdirencanakan.Tujuanpenelianiniuntukmengetahuiseberapabesarpengaruh (1) latarbelakangtingkatpendidikanorangtuaterhadaphasilbelajarsiswa (2) gayabelajarterhadaphasilbelajarsiswa (3) latarbelakangtingkatpendidikanorangtuadangayabelajarterhadaphasilbelajarsiswa. Penelianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatif.Populasipenelitianinisiswapada SDN Kelas IV KecamatanSananwetan Kota Blitarsebanyak 724 siswa dansampel 251 siswa yang ditentukandenganpenarikansampelsecaraacakproporsionalsesuaidengan strata (proportionate stratified random sampling).Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakaninstrumendandokumentasi.Analisis data yang digunakanadalahmenggunakananalisisregresiberganda yang terdiridariujivaliditasdanujireliabilitas.Sedangkanuntukmengujikelayakanregresidilakukanujiasumsiklasikregresidankeseluruhananalisisinimenggunakanbantuan program SPSS 23.0. Hasilpenelitianmenunjukkanlatarbelakangtingkatpendidikanorangtuadangayabelajarmempunyaipengaruh yang tinggiterhadaphasilbelajarsiswapadaSDN Kelas IV KecamatanSananwetan Kota Blitar yaitu (1) terdapatpengaruhpositifantaralatarbelakangtingkatpendidikanorangtuaterhadaphasilbelajarsiswasebesar (67 6%) (2) terdapatpengaruhpositifantaravariabelpengaruhgayabelajarterhadaphasilbelajarsiswasebesar(66 0%) (3) terdapatpengaruhpositifantaravariabelpengaruhlatarbelakangtingkatpendidikanorangtuadangayabelajarterhadaphasilbelajarsiswasebesar (56 3%).Berdasarkanhasilpenelitiandiatasmakadisarankankepadainstitusiatausekolah agar lebihmeningkatkanlulusantingkatpendidikanorangtua yang tinggi agar dapatmengarahkananaknyasesuaidengancarabelajar yang cocoksehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa sertamemilikipengetahuandalammenentukangayabelajar yang cocokbagianaknyasehinggasiswadapatmengetahuigayabelajar yang cocokuntukbelajarbagidirinyasendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62963

Actions (login required)

View Item View Item