Rumtutuly, Fransheine (2014) Pengembangan modul tematik pada tema menjaga kelestarian lingkungan untuk siswa kelas III SDN Watugede 01 Singosari Kabupaten Malang / Fransheine Rumtutuly. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rumtutuly F. 2013. Pengembangan Modul Tematik Pada Tema Menjaga Kelestarian Lingkungan Untuk Siswa Kelas III SDN Watugede 01 Singosari Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci Modul Pembelajaran tematik Model Dick Carrey Carrey 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran di Kelas III SDN Watugede 01 Singosari Kabupaten Malang ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu belum diterapkannya pembelajaran tematik dikarenakan guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar tematik. Susunan materi pembelajaran belum mendekatkan siswa dengan lingkungan disekitarnya. Pemecahan masalah yang dilakukan adalah dengan mengembangkan modul tematik yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik dan lingkungan disekitar siswa. Modul tematik penting dikembangkan untuk memberikan pembelajaran bermakna dan holistik serta disesuaikan dengan lingkungan sekitar siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan Modul Tematik untuk siswa Kelas III. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dinilai berdasarkan tingkat kevalidan kemenarikan keefektifan dan keterterapan. 12288 12288 12288 Pengembangan modul tematik ini menggunakan model pengembangan Dick Carrey Carrey (2009). Langkah-langkah model pengembangan ini dilakukan sampai pada langkah ke 9 yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran dan ketrampilan bawahan (3) menganalisis pebelajar dan lingkungan (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan pembelajaran.Langkah ke 10 ditiadakan karena dalam penelitian ini hanya diperoleh hasil berupa prototype produk saja sesuai dengan tujuan penelitian dan pengembangan. 12288 12288 12288 Setelah prototype produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan proses uji validasi ahli uji coba perorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut bahan ajar berupa modul tematik sangat valid menarik efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi dengan tingkat kelayakan produk dari ahli isi/materi sebesar 90 83% validasi ahli desain diperoleh skor rata - rata sebesar 79 99% dan perolehan dari validasi ahli bahasa diperoleh hasil sebesar 79 99%Tingkat kemenarikan produk dengan skor presentase rata-rata sebesar 97 1% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor presentase sebesar 79 66%. Dan keterterapan produk sangat baik dengan presentase skor rata-rata sebesar 90 77%. 12288 12288 12288 Produk modul tematik yang telah dikembangkan dapat digunakan secara maksimal jika guru dan siswa mempelajari terlebih dahulu agar memudahkan dalam proses pembelajaran. Produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas dengan penyesuaian terutama penyesuaian pada karakteristik siswa sebagai pengguna. Lebih lanjut bahan ajar ini dapat dikembangkan untuk produk yang sama untuk tema yang lain serta bahan ajar yang sudah dikembangkan dapat diintegrasikan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti pengembangan bahan ajar multimedia interaktif dalam menunjang implementasi kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62697 |
Actions (login required)
View Item |