Penerapan model pembelajaran STAD dan one stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kiduldalem 1 Bangil / Novie Istiaricha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran STAD dan one stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kiduldalem 1 Bangil / Novie Istiaricha

Istiaricha, Novie (2014) Penerapan model pembelajaran STAD dan one stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kiduldalem 1 Bangil / Novie Istiaricha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Novie Istiaricha. 2014. Penerapan Model Pembelajaran STAD dan One Stray untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Kiduldalem 1Bangil . Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (2) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran STAD Model Pembelajaran One Stray Aktivitas Hasil Belajar dan IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kolaborasi model STAD dan One Stray yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 (tiga) kali pertemuan atau 6 x 35 menit. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kiduldalem 1 Bangil yang berjumlah 28 orang. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kolaborasi model STAD dan One Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dan mendorong semangat siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Siswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru melalui proses melihat mendengar diskusi dan kerja kelompok. Indikator keberhasilan yaitu meningkatnya rasa ingin tau membangun kepercayaan diri siswa interaksi sosial antar siswa semangkin meningkat timbulnya rasa tanggungjawab siswa terhadap individu maupun anggota kelompoknya serta terjalinnya kerjasama yang baik dalam memahami pengetahuan dengan proses yang menyenangkan. Pada siklus I aktivitas siswa menunjukkan tingkat sedang karena hanya 10-18 siswa yang melakukan aktivitas seperti yang disebutkan pada indikator yang ditentukan dan pada siklus II aktivitas siswa sudah mencapai tingkat yang tinggi karena 19-28 siswa yang melakukan seperti pada indikator yang ditentukan. Pada evaluasi siklus I sebanyak 54% atau 15 dari 28 siswa berhasil mendapatkan nilai sama atau diatas kriteria ketuntasan minimum dengan rentang nilai 70 s/d 100. Pada siklus II hasil belajar mencapai 79 % atau 22 dari 28 siswa berhasil memperoleh nilai 70 s/d 100. Berdasarkan data di atas disarankan untuk diadakannya penelitian lanjutan dengan langkah-langkah (1) memberikan petunjuk terkait sintak kolaborasi model STAD dan One Stray sehingga siswa dapat memahami dengan jelas teknis pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran (2) menanamkan keterampilan sosial dalam kegiatan pembelajaran sehingga aktivitas siswa dapat meningkat (3) meningkatkan efektivitas kerjasama dalam rangka membantu pemahaman siswa terhadap materi pengajaran sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62694

Actions (login required)

View Item View Item