Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray, Numbered Heads Together dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS (siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Batang Kab. Kayong Utara Prop. Kalbar) / Kaston Oloan Panggabean - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray, Numbered Heads Together dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS (siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Batang Kab. Kayong Utara Prop. Kalbar) / Kaston Oloan Panggabean

Panggabean, Kaston Oloan (2014) Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray, Numbered Heads Together dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS (siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Batang Kab. Kayong Utara Prop. Kalbar) / Kaston Oloan Panggabean. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Panggabean O.K. 2013. Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray Numbered Heads Together dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS (Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara Propinsi Kalimantan Barat). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.Pd. M.E (II) Dr. Heri Pratikto M.Si Kata kunci Two Stay Two Stray Numbered Heads Together Motivasi Hasil Belajar Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan mencatat/meringkas dan akhirnya siswa tersebut mengalami kebingungan dalam belajar serta merasa bahwa pembelajaran IPS sebagai pelajaran yang sangat membosankan. Siswa belum berani mengemukakan pendapat bila diberi kesempatan untuk bertanya tidak ada yang bertanya begitu juga bila diberi pertanyaan sebagian besar siswa tidak berusaha menjawab dalam proses pembelajaran berlangsung siswa banyak diam sehingga motivasi untuk belajar kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata pelajaran IPS antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TSTS berdasarkan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah (3) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT berdasarkan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dan (4) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian menggunakan desain faktorial 2 x 2 dengan teknik analisis varian (Two Way Anava). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII (delapan) SMP Negeri 1 Teluk Batang pada tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini 2 kelas yaitu siswa kelas VIII C dan kelas VIII D masing-masing kelas berjumlah 33 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa test dan angket sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik parametrik dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran TSTS dan Model Pembelajaran NHT (2) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah pada model pembelajaran TSTS (3) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah pada model pembelajaran NHT dan (4) Tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara model pembelajaran dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Implikasi dan saran berdasarkan temuan penelitian (1) model TSTS dan NHT bisa menjadi alternatif untuk digunakan guru dalam pelajaran IPS (2) motivasi belajar siswa perlu terus dibangkitkan untuk menunjang kesuksesan belajar siswa (3) ketika didalam kelas siswa harus membekali diri dari rumah dengan belajar selain dari buku paket juga bisa dari internet atau referensi lain yang sesuai dan (4) bagi peneliti selanjutnya disarankan melanjutkan penelitian ini dengan menggabungkan atau mengkolaborasikan model-model pembelajaran yang lebih sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62652

Actions (login required)

View Item View Item