Pengembangan paket bahan ajar IPA kontektual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII olah raga / Ester Yuli Erawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bahan ajar IPA kontektual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII olah raga / Ester Yuli Erawati

Erawati, Ester Yuli (2013) Pengembangan paket bahan ajar IPA kontektual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII olah raga / Ester Yuli Erawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar IPA terpadu kontekstual Paket bahan ajar IPA SMP yang digunakan siswa saat ini merupakan bahan ajar yang belum dikemas dalam tema tertentu meskipun sudah berlabel IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa paket bahan ajar IPA secara terpadu yang layak digunakan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan yang digunakan menggunakan desain Dick and Carey yang disesuaikan dengan kebutuhan yaitu (1) tahap analisis situasi awal (2) tahap pengembangan rancangan bahan ajar (3) tahap penulisan bahan ajar (4) tahap tinjauan ahli dan uji coba (5) bahan ajar hasil revisi. Produk pengembangan berupa paket bahan ajar IPA kontekstual dengan tema Hipertensi untuk SMP Negeri 1 Batu kelas VIII Olahraga. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari dosen guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari jawaban angket yang berisi penilaian terhadap bahan ajar IPA data hasil pretes dan postes dalam uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa digunakan uji t dua sampel berpasangan (Paired Sample t Test) dengan taraf signifikan 0 05. Bahan ajar IPA ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Olahraga terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest adalah 68 63 sedangkan pada hasil postest diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 81 05. Untuk hasil perbedaan peningkatan prestasi belajar diperoleh hasil nilai t hitung t tabel (5 341 2 101) maka ada perbedaan nilai tes sebelum menggunakan bahan ajar IPA dengan sesudah menggunakan bahan ajar IPA. Hal ini menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kelebihan dari paket bahan ajar ini yaitu (1) sesuai dengan KTSP (2) siswa dapat melihat hubungan yang bermakna antara materi fisika biologi dan kimia (3) pembelajarannya kontekstual yaitu menyajikan aktivitas untuk mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari (4) penyajian gambar dipilih dekat dengan lingkungan siswa. Kekurangan dari paket bahan ajar yang dikembangkan belum uji kelayakan empirik sehingga belum diketahui tingkat efisiensi waktu setelah menggunakan paket bahan ajar IPA hasil pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62593

Actions (login required)

View Item View Item