Chusniyah, Ummi (2011) Penerapan model jigsaw pada pokok bahasan kalor untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Pandaan tahun pelajaran 2009/2010 / Ummi Chusniyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA SMP Fakultas Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D (II) Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata Kunci model Jigsaw motivasi prestasi belajar fisika. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Siswa memiliki motivasi belajar yang rendah terlihat pada respons mereka untuk mengikuti pembelajaran dan rendahnya ketertiban kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Prestasi belajar siswa masih menunjukkan nilai yang kurang dari KKM yaitu hasil rata-rata nilai UAS 60 86. Pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini mempunyai tujuan untuk memperkaya pengalaman siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Pembelajaran kooperatif ini menuntut siswa agar dapat mengembangkan daya pikir daya inisiatif dan kreativitas sesuai dengan karakteristik IPA. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Pandaan dengan menerapkan model Jigsaw pada materi kalor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Pandaan sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus pada siklus I ada empat pertemuan dan pada siklus II ada tiga pertemuan. Penelitian ini berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam tentang beberapa aspek dalam kegiatan belajar mengajar yaitu keaktivan siswa ketika bereksperimen berdiskusi dalam kelompok mengajukan pertanyaan dalam diskusi kelas. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi siswa pada materi peran kalor pada suatu benda dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari sebesar 7 71% hasil angket siswa serta 9 09% dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer. Pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kalor pada rerata nilai pretes sebesar 6 67 dan rerata nilai postes sebesar 7 59. Pada siklus I masih terdapat 18 siswa yang nilai prestasi belajarnya di bawah KKM sedangkan pada siklus II hanya ada dua siswa yang nilai prestasi belajarnya di bawah KKM selanjutnya dilakukan remedial pada kedua siswa tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan guru memberikan dorongan yang positif agar siswa memiliki motivasi tinggi dengan memberikan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Guru seharusnya senantiasa membimbing pada tiap tahap keterlaksanaan model Jigsaw agar hasil penelitian sesuai rencana yang telah disusun. Bagi siswa diharapkan memiliki pemikiran yang positif terhadap pelajaran fisika dan aktif dalam mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuanya dalam belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62502 |
Actions (login required)
View Item |