Pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani olehraga dan kesehatan berbasis blended learning di Sekolah Menengah Kejuruan / Teddy Yudhistira Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani olehraga dan kesehatan berbasis blended learning di Sekolah Menengah Kejuruan / Teddy Yudhistira Nugraha

Nugraha, Teddy Yudhistira (2019) Pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani olehraga dan kesehatan berbasis blended learning di Sekolah Menengah Kejuruan / Teddy Yudhistira Nugraha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nugraha Teddy Yudhistira. 2018. Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Blended Learning di SMK. Tesis. Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (2) Dr. Supriyadi M.Kes. Kata kunci Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Blended Learning. Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah kejuruan yang ada di Situbondo menggunakan pola pembelajaran konvensional atau hanya terkonsentrasi pada tatap muka saja dengan pendidik sebagai satu-satunya sumber informasi belajar peserta didik. Pola belajar konvensional harus di ubah dengan pola belajar yang terkini. Pembelajaran blended learning adalah pola belajar terkini yang sesuai dengan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan mengoptimalkan buku ajar sebagai penunjang pembelajaran tatap muka multimedia interaktif untuk pembelajaran offline dan menggunakan google classroom untuk pembelajaran online. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis Blended Learning. Metode yang digunakan adalah rancangan penelitian dan pengembangan milik Wasis D Dwiyogo (2016). Menggunakan subjek 30 siswa untuk observasi kebutuhan 15 orang untuk uji coba kelompok kecil 100 orang untuk uji coba kelompok besar 3 orang ahli validasi produk adalah ahli pembelajaran ahli materi dan ahli media kemudian di uji efektifitasnya. Pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Hasil penelitian dan pengembangan berupa buku ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk penunjang pembelajaran tatap muka multimedia interaktif menggunakan software Autoplay edition 8 yang berisi pengantar profil materi sepakbola bola basket bola volley lari sprint lompat jauh lempar cakram push up sit up back up pull up vertical jump bulutangkis pencak silat senam lantai senam ritmik budaya hidup sehat dan renang dengan 4 gaya flipbook quiz creator link langsung pada google classroom maupun google form bila ada jaringan internet. Penelitian dan pengembangan ini efektif dengan membandingkan hasil belajar berupa nilai pembelajaran berbasis blended diperoleh nilai rata-rata 85.11 lebih baik dari pembelajaran tatap muka dengan rata-rata 48.16 dengan nilai ketuntasan belajar adalah 70.00 di 9 materi yang di ujikan efisien karena Blended Learning memiliki waktu rata-rata 15.78 menit yang artinya lebih cepat dari pembelajaran konvensional yaitu 42.22 menit untuk menyelesaikan soal latihan dengan nilai ketuntasan 70.00 produk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis Blended Learning berupa buku ajar pembelajaran Offline (multimedia interaktif) dan pembelajaran Online (google classroom) lebih menarik dengan angka rata-rata kemenarikan adalah 90.58%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62193

Actions (login required)

View Item View Item