Penerapan time banking di dalam interaksi ekonomi kekeluargaan / Silky Roudhotus Sa'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan time banking di dalam interaksi ekonomi kekeluargaan / Silky Roudhotus Sa'adah

Silky Roudhotus (2019) Penerapan time banking di dalam interaksi ekonomi kekeluargaan / Silky Roudhotus Sa'adah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa adah Silky Roudhotus. 2018. Penerapan Kegiatan Time Banking di dalam Interaksi Ekonomi Kekeluargaan. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono M.S. Ed (II) Dr. Agung haryono S.E M.P Ak Kata Kunci Time Banking Ekonomi Kekeluargaan Pasal 33 UUD 1945 dan penjelasannya secara tegas mengamanatkan bahwa asas dan sendi dasar perekonomian nasional harus dibangun sebagai uasaha bersama atas asas kekeluargaan Dari pernyataan tersebut peraturan sistem ekonomi yang dijalankan di Indonesia seharusnya sesuai dengan konstitusi yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945 Pasal 33. Sehingga unsur sistem ekonomi liberal maupun sosialis seharusnya tidak dipakai di Indonesia. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengenalkan sebuah ide baru dalam melestarikan jati diri bangsa dalam kontek pemenuhan kebutuhan yang berasaskan kekeluargaan melalui time banking. Sedangkan untuk tujuan khusus penelitian ini adalah (1) Membentuk suatu komunitas yang menerapkan ekonomi kekeluargaan melalui kegiatan time banking (2) Mengubah pola pikir masyakat bahwa untuk memenuhi kebutuhan mereka tidak serta merta mengandalkan uang semata namun interaksi sosial dapat menjadi salah satu wadah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. (3) Membuat desain pembelajaran ekonomi yang dapat mempertahankan nilai-nilai yang diamanatkan dalam UUD 1945 terutama nilai kekeluargaan dalam memenuhi kegiatan ekonomi melalui time banking .(4) Adanya time banking dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan interaksi sosial dalam masyarakat yang semakin baik sehingga kegiatan ekonomi tidak serta merta mencari profit semata namun lebih ke memberi benefit yang dapat memberikan nilai lebih dalam melakukan setiap kegiatan ekonomi. Penelitian ini berupa penelitian tindakan (action reseach) yakni penelitian yang berorientasi pada pemecahan masalah. Yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada penelitian ini prosedur pelaksanaan penelitian tindakan berupa suatu siklus atau daur ulang bentuk spiral yang setiap langkahnya terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksperimen untuk melakukan analisis dokumen pengamatan wawancara serta focus group discussion (FGD) dan focus group interview (FGI).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61703

Actions (login required)

View Item View Item