Kholil, Munawar (2015) Pengaruh pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan media PhET sims terhadap penguasaan konsep dan kemampuan multi representasi ditinjau dari kemampuan awal siwa SMA / Munawar Kholil. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kholil Munawar. 2014. Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar 5E Berbantuan Media PhET Sims terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Multi Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si. (2) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci kemampuan awal kemampuan multi representasi media PhET sims penguasan konsep siklus belajar 5E Siklus belajar merupakan salah satu model pembelajaran konstruktivis yang sudah terbukti dapatmeningkatkan penguasaan konsep siswa. Dengan menerapkan pembelajaran siklus belajar 5E siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi pemahamannya sendiri. Selain penguasaan konsep kemampuan mendasar yang perlu dibelajarkan dan diekplorasi adalah kemampuan multi representasi. Penguasaan konsep yang baik tidak terlepas dari kemampuan siswa dalam merepresentasikan fenomena fisis dan konsep fisika yang dihadapinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan media PhET sims terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan multi representasi siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Malang terdiri dari 130 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas ekperimen dan dua kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan media PhET sims sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran siklus belajar 5E. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen pengumpulan data yaitu instrumen tes penguasaan konsep dan tes kemampuan multi representasi serta intrumen perlakuan berupa RPP materi fluida. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett. Pengujian hipotesis menggunakan Anava dua arah dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan konsep siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E berbantuan media PhET sims lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E (2) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep (3) kemampuan multi representasi siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E berbantuan media PhET sims lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model siklus belajar 5E (4) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan multi representsi. Model Pembelajaran Siklus belajar 5E berbantuan media PhET sims meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan multi representasi siswa pada siswa dengan kemampuan awal rendah maupun tinggi. Saran yang dapat diberikan adalah (1) penggunaan PhET sims dalam model siklus belajar 5E dapat menghemat waktu dan biaya (2) disamping fenomena virtual guru perlu memperkenalkan fenomena alam real kepada siswa untuk memantapkan pemahamannya (3)PhET sims dapat digunakan dalam pembelajaran karena memudahkan siswa memahami representasi-representasi fisis serta membantu siswa mengkonstruksi pemahamanya (4) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang keterkaitan secara langsung antara penguasaan konsep dengan kemampuan multi representasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59976 |
Actions (login required)
View Item |