Developing prototype of grand readers as supplementary materials for upper class young learners / Nastiti Primadyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing prototype of grand readers as supplementary materials for upper class young learners / Nastiti Primadyastuti

Primadyastuti, Nastiti (2019) Developing prototype of grand readers as supplementary materials for upper class young learners / Nastiti Primadyastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii RINGKASAN Primadyastuti Nastiti. 2016. Developing A Prototype of Graded Readers as Supplementary Materials for Young Learners. Magister Thesis Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd. (2) Dr. Furaidah M.A Kata Kunci Buku berjenjang materi penunjang peserta didik muda membaca ekstensif Membaca ekstensif telah menyebar luas di Asia seperti di Jepang dan Thailand. Namun kegiatan tersebut hanya menyentuh sekolah dasar swasta dan internasional di Indonesia. Penyebabnya adalah kurangnya bahan bacaan bahasa Inggris di sekolah dasar. Pada tahun 2015 pemerintah mencanangkan program keaksaraan untuk konteks sekolah menengah untuk meningkatkan pemahaman dan gemar membaca. Melihat peuang tersebut tesis ini bertujuan mengembangkan bacaan berjenjang sebagai bahan tambahan untuk pelajar muda untuk mendukung kegiatan intra-kurikuler dan mempromosikan membaca ekstensif untuk mendukung program keaksaraan. Penelitian ini mengembangkan buku berjenjang dengan menggunakan kombinasi model ADDIE dan Jolly dan Bolitho (1998) untuk model Penelitian dan Pengembangan yang meliputi langkah Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi. Produk ini dikembangkan dengan menyisir kurikulum lokal tingkat bahasa CERF dan panduan untuk mengembangkan bahan bacaan bertingkat oleh Malone (2013). Konten dan kompleksitas bahasa diadaptasi dari buku teks sekolah. Proses implementasi dilakukan dengan menerapkan data triaggulasi dimana seorang dosen dan seorang guru terlibat dalam validasi teoritis. Selain itu ujicoba skala kecil diikuti siswa Kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri. Hasil menunjukkan bahwa ilustrasi dan tingkat kompleksitas teks sesuai merupakan beberapa aspek yang mengangkat buku berjenjang tersebut. Buku-buku dinilai sanggup menyediakan bermacam-macam kompleksitas yang memungkinkan siswa untuk membaca sesuai dengan kompetensi mereka dan untuk membaca dengan mandiri serta membaca dengan kecepatan mereka sendiri secara individual dan dengan teman sebaya. Namun guru diperlukan untuk menjadi fasilitator dalam hal ini terutama dalam membantu siswa untuk mengambil buku yag sesuai dengan tingkat kemampuannya dan dalam pemahaman. Terakhir peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan buku berjenjang sebagai bahan tambahan untuk mengakomodasi membaca ekstensif dan dalam program keaksaraan. Terakhir disarankan bagi peneliti masa depan untuk menggunakan penelitian ini sebagai referensi dalam mengembangkan bahan bacaan bertingkat untuk pebelajar muda tingkat atas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59023

Actions (login required)

View Item View Item