Profile of successful students of English at SMPN 2 Kras / Roisul Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profile of successful students of English at SMPN 2 Kras / Roisul Khoiriyah

Khoiriyah, Roisul (2018) Profile of successful students of English at SMPN 2 Kras / Roisul Khoiriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii ABSTRAK Khoiriyah Roisul. 2017. Profil Siswa yang Berhasil dalam Belajar Bahasa Inggris di SMPN 2 Kras. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Muhammad Adnan Latief M.A. Ph.D. (2) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata Kunci Profil Siswa yang Berhasil dalam Belajar Bahasa Inggris Lingkungan Belajar Sekolah Pinggiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil siswa yang berhasil dalam belajar bahasa Inggris di SMPN 2 Kras Kediri. Peneliti tertarik untuk menggali usaha-usaha yang dilakukan oleh siswa yang berhasil tersebut dalam belajar bahasa Inggris dan lingkungan belajar yang dimiliki oleh mereka baik di lingkungan sekolah ataupun dirumah. Metode penelitian studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali secara mendalam profil siswa yang berhasil dalam belajar bahasa Inggris. Subjek penelitian dipilih dengan memberikan tes kepada siswa dari beberapa sekolah dan mewawancarai guru bahasa Inggris. Kemudian nilai tes dan rata-rata nilai yang direkap oleh guru menjadi syarat dalam memilih subjek penelitian. Hasilnya tiga siswa dengan nilai tertinggi dipilih menjadi subjek penelitian. Dan kebetulan tiga siswa tersebut berasal dari sekolah yang sama yaitu SMPN 2 Kras. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Wawancara terbuka diberikan kepada subjek penelitian beberapa teman sekelasnya beberapa guru bahasa Inggris guru les dan orang tua mereka. Wawancara bertujuan untuk mengetahui subjek secara mendalam tentang ciri-ciri yang mereka miliki usaha-usaha yang mereka lakukan dalam belajar bahasa Inggris dan lingkungan belajar yang mereka miliki. Observasi dilakukan empat kali selama belajar bahasa Inggris di kelas. Peneliti juga melakukan observasi ketika mereka belajar bahasa Inggris di tempat les sebanyak dua kali pertemuan. Ini bertujuan untuk melihat situasi belajar prilaku dan interaksi siswa dan cara siswa dalam belajar bahasa Inggris. Selama observasi peneliti juga membuat catatan lapangan untuk melengkapi ceklis observasi. Kemudian dokumentasi juga dipakai sebagai alat untuk melihat usaha-usaha siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dokumentasi meliputi jurnalix belajar catatan harian buku paket dan beberapa foto yang diambil selama proses belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menemukan bahwa siswa yang berhasil dalam belajar bahasa Inggris cenderung terbatas pada ketrampilan membaca karena usaha- usaha yang dilakukan oleh siswa kebanyakan menekankan pada pemahaman terhadap teks yang terdapat di buku paket. Selanjutnya mereka mempunyai motivasi yang tinggi baik intrinsik maupun ekstrinsik. Di samping mempunyai kemauan yang kuat untuk belajar bahasa Inggris mereka mempunyai tujuan belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mereka dan untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang lebih baik di masa yang akan datang. Selain itu penelitian ini menemukan bahwa subjek 1 dan 3 termasuk siswa yang introvert sedangkan subjek 2 adalah siswa yang ekstrovert. Selanjutnya mereka mempunyai keluarga yang selalu mendukung belajar mereka tapi terbatas menyediakan keperluan belajar mereka. Semua siswa berasal dari sekolah pinggiran yang mempunyai fasilitas dan media belajar yang terbatas. Karena berada di daerah pinggiran siswa sulit mendapatkan sumber belajar yang kaya di daerah mereka sehingga lingkungan belajar yang kaya sulit disediakan. Usaha- usaha yang dilakukan oleh siswa yang berhasil antara lain membuat tujuan belajar menyiapkan materi bahasa Inggris banyak membaca buku dan membuat daftar kata-kata baru memperkaya kosa kata dengan banyak membaca buku bahasa Inggris yang lain atau mencatat kosa kata atau ekspresi- ekspresi yang didapat dari lagu atau film yang ditonton mencari sumber belajar lain seperti meminjam atau membeli buku bahasa Inggris yang lain mendengarkan dan mempraktekkan bahasa Inggris secara lisan berusaha mencari makna dari kata-kata/ ungkapan-ungkpan yang tidak umum dan/ atau hanya dengan menerka maknanya menghafal dan menggunakan kata-kata/ ungkapan- ungkapan dalam berdialog menggunakan strategi mencari bantuan menggunakan strategi untuk mengurangi kegelisahan dan tekanan bekerja sama dengan orang lain sering terlibat dalam diskusi mengambil manfaat dari hobbi untuk belajar bahasa Inggris menciptakan lingkungan untuk berbicara bahasa Inggris dan/atau melibatkan diri dalam percakapan dan berpartisipasi secara aktif dalam semua kegiatan belajar bahasa Inggris. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan siswa lain terutama yang berasal dari sekolah pinggiran untuk meniru cara belajar yang digunakan oleh para siswa yang berhasil dalam penelitian ini selain itu menggali cara belajar mereka sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bagi guru bahasa Inggris direkomendasikan agar mengetahui strategi yang sesuai bagi siswa guna menarik minat siswa untuk belajar bahasa Inggris. Menjadi guru yang aktif kreatif dan up to date terhadap dunia remaja merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakanx aktifitas belajar yang menarik. Selain ketrampilan membaca ketrampilan lain seharusnya dilatih juga karena semua ketrampilan sama-sama penting dalam belajar bahasa. Selanjutnya orang tua siswa diharapkan menjadi lebih aktif melibatkan diri dalam proses pembelajaran bahasa Inggris baik dengan melibatkan diri langsung dalam mengajar anak-anaknya atau menyediakan keperluan belajar anak sehingga hasil yang lebih baik bias tercapai. Dan yang terakhir untuk peneliti berikutnya yang tertarik melakukan penelitian dalam hal yang sama dengan penelitian ini diharapkan bias menggali lebih mendalam lagi dengan menambah variable- variable yang berhubungan dengan siswa-siswa yang berhasil dalam belajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58959

Actions (login required)

View Item View Item