Implementasi manajemen kurikulum pendidikan karakter di SDN Percobaan 1 dan Insan Amanah Malang / Yoshi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi manajemen kurikulum pendidikan karakter di SDN Percobaan 1 dan Insan Amanah Malang / Yoshi Kurniawan

Kurniawan, Yoshi (2018) Implementasi manajemen kurikulum pendidikan karakter di SDN Percobaan 1 dan Insan Amanah Malang / Yoshi Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Yoshi 2017. Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Karakter di SDN Percobaan 1 dan SD Insan Amanah Malang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Dr. Hj. Mustiningsih M.Pd. Kata kunci manajemen kurikulum pendidikan karakter Pendidikan karakter di sekolah menjadi perhatian khusus oleh semua pihak. Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Rencana Aksi Nasional yang di dalamnya memuat 18 nilai budaya dan karakter bangsa dan diperbaharui dengan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang merangkum nilai-nilai tersebut menjadi 5 nilai utama budaya dan karakter bangsa. Untuk mensukseskan program ini pemerintah menunjuk beberapa sekolah sasaran sebagai pilot project pelaksanaan kurikulum 2013 dan PPK yang pada kurikulum tersebut banyak menekankan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum pendidikan karakter yang meliputi (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan dan (4) pengawasan kurikulum pendidikan karakter pada (a) kegiatan intrakurikuler (b) kegiatan ekstrakurikuler dan (c) kegiatan pengembangan budaya sekolah di SDN Percobaan 1 Malang dan SD Insan Amanah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Sekolah yang menjadi tempat penelitian adalah SDN Percobaan 1 dan SD Insan Amanah Malang. Data-data dikumpulkan melaluiteknik dokumentasi wawancara dan observasi. Data-data yang terkumpuldiperiksakebenaran kecocokandankehandalannyamelalui proses triangulasi yang dalampenelitianinimenggunakantriangulasimetodedansumber. Data hasilwawancara di triangulasidengan data daridokumendanobservasi. Data hasilwawancaradarisaturespondenjugadilakukanpengecekanterhadapresponden yang lain. Data yang terkumpulditabulasi diberikode dimaknaidankemudiandisimpulkanpadasetiap situs penelitianselanjutnyadibandingkandengan data pada situs penelitian yang lain dankemudianditarikkesimpulanakhir. Hasil dari penelitian ini pertama implementasi manajemen kurikulum pendidikan karakter pada kedua sekolah hampir samadengan ada beberapaperbedaan mengingat salah satu sekolah yang diteliti adalah sekolah swasta dan berciri khas Islam. Kedua perencanaan kurikulum pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan budaya sekolah ke dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan budaya sekolah dalam RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) kegiatan ekstrakurikuler dan persiapan lingkungan fisik dan sosial kultural sekolah.Ketiga pengorganisasian kurikulum pendidikan karakter dilakukan dengan membentuk struktur organisasi sekolah memberi tugas tambahan kepada guru dan tenaga kependidikan untuk mengawal membimbing dan mendampingi proses pelaksanaan implementasi pendidikan karakter di sekolah. Siswa dilibatkan secara umum dan khusus dengan membentuk tim untuk membantu pihak sekolah dalam proses pelaksanaannya. Keempat pelaksanaan kurikulum pendidikan karakter dilakukan dengan cara guru mengintegrasikan nilai karakter ke dalam proses pembelajaran di dalam dan luar sekolah dan di dalam kegiatan ekstrakurikuler dan seluruh warga sekolah khususnya tenaga kependidikan melaksanakan proses penjaminan keterlaksanaan nilai karakter dan budaya sekolah dengan mengkondisikan lingkungan fisik dan social kultural sekolah berjalan dan berfungsi dengan baik.Kelima pengawasan kurikulum dapat dilakukan dengan melaksanakan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan implementasi pendidikan karakter di sekolah. Kerja sama dengan pemangku kepentingan dan khususnyaorang tua siswa agar pelaksanaan karakter dan budaya sekolah dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Untukkeberhasilanketercapaianimplementasipendidikankarakter di sekolahdisarankanbagikepalasekolahuntuklebihmenyiapkansecaramenyeluruhsegalasesuatu yang menjadipendukungkeberhasilan perlumembentuktimkhususyang terdiridaripihaksekolahdanpihak lain yang berkaitan yang diperlukanuntukmengawal proses dankeberhasilanimplementasipendidikaankarakter pembinaan guru dantenagakependidikan yang kontinyuterkaitpendidikankarakterdanbudayasekolah pelibatansiswasebagaisalahsatuwargasekolahuntukpelaksanaandanpengawasankurikulumpendidikankaraktertemansejawatdanperlunyakoordinasidankomunikasidengan orang tuasiswadalamimplementasipendidikankarakter di rumah. ABSTRACT Kurniawan Yoshi 2017. Implementation of Character Education Curriculum in SDN Percobaan 1 and SD InsanAmanah Malang. Thesis. Education Management Studies Program. Graduate Program. Malang State University. Advisors (I) Dr. H. ImronArifin M.Pd. (II) Dr. Hj. Mustiningsih M.Pd. Keywords curriculum management character education Character education in schools is of particular concern to all. The Government of the Republic of Indonesia in this case the Ministry of Education and Culture declared a National Plan of Action which contains 18 cultural values and character of the nation and updated with the Movement Strengthening Character Education (PPK) which summarizes these values into 5 main values of culture and character of the nation. To succeed this program the government appointed several pioneering schools as pilot projects of curriculum implementation in 2013 and PPK which in the curriculum emphasizes character education. The aim of this research is to know the implementation of character education curriculum managementwhich includes (1) planning (2) organizing (3) actuating and (4) controlling of character education curriculum on (a) intracurricular activities (b) extracurricular activities and c) school culture development activities at SDN Percobaan 1 Malang and SD InsanAmanah Malang. This research uses qualitative research approach with multi case study design. Schools that became the location of research are SDN Percobaan 1 Malang and SD InsanAmanah Malang. The data were collected through documentation interview and observation techniques. The collected data is checked for correctness suitability and reliability through triangulation process which in this research using triangulation methods and sources. Data from interviews in triangulation with data from documents and observation. Data from interviews from one respondent was also checked against other respondents. Collected data is tabulated coded interpreted and then summarized on each research site then compared with data on other research site and then withdrawn final conclusions. The results of this study first the implementation of character education curriculum management in the two schools almost same with several differences considering one of the schools researched is a private school and Islam based school. Second the curriculum planning of character education is done by integrating the school character and culture values into the school curriculum (KTSP) integrating the school character and culture values in the lesson plans extracurricular activities and the preparation of the school s physical and socio-cultural environments third The organization of character education curriculum is done by forming school organizational structure giving additional task to teachers and educational staff to guard guide and assist the implementation process of character education in school. Students are involved generally and specifically by forming teams to assist the school in its implementation process fourth the actuation of a character education curriculum is done by means of teachers integrating character values into learning processes within and outside the school and in extracurricular activities especially the education personnel carry out the process of guaranteeing the implementation of the school s character and cultural values by conditioning the school s physical and socio-cultural environments running and functioning properly fifth the control of curriculum can be done with supervision to teachers and education personnel in implementing character education in schools. Cooperation with stake holders and especially parents so that the implementation of school character and culture can be implemented properly as expected. For the successful achievement of character education implementation in schools it is suggested to prepare more thoroughly everything that is a supporter of success it is necessary to form a special team consisting of the school and other related parties necessary to oversee the process and successful implementation of character education teacher training and manpower Continuous education related to character education and school culture student involvement as one of the school residents for the implementation and supervision of peer character education curriculum and the need for coordination and communication with parents in the implementation of character education at home. KATA PENGANTAR Pujisyukurpenulispanjatkankedirat Allah SWT. atassegalarahmat kehendakdanpetunjuk-Nya sehinggapenulisdapatmenyelesaikanpenulisantesis yang berjudul ImplementasiManajemenKurikulumPendidikanKarakterDiSDN Percobaan 1 dan SD InsanAmanah Malang. Shalawatdansalamsemogatercurahkankepadasuritauladankitarasulullah Muhammad SAW. beserta para keluarga sahabatdanpengikutbeliauhinggaakhir zaman. Penulisantesisinimerupakanadalahsatuprasyaratdalammenyelesaikan program studiManajemenPendidikan ProgramPascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Penulismenyampaikanterimakasih yang setulusdansebesar-besarnyakepadaseluruhpihak yang telahmendukungdanmembantu baikberupamateriil spiritual danataskerelaansertakeridhoannyadalampenyelesaianpenulisantesisini. Ucapanterimakasihpenulishaturkankepada 1. Dr. H. ImronArifin M.Pd. selakudosenpembimbing I yang telahmembantu memberi saran arahandanmotivasigunaperbaikandanterselesaikannyapenulisantesisini. 2. Dr. Hj. Mustiningsih M.Pd. selakudosenpembimbing II yang telahmemberikan saran masukandandorongangunaperbaikandanterselesaikannyapenulisantesisini. 3. Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng M.Pd. selakuDirektur Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. 4. Prof. Dr. Ali Imron M.Pd. M.Si.selakuKoordinator Program ManajemenPendidikan. 5. Keluarga istri anak-anakdansaudarapenulis yang ataskesabaran bantuandandorongankepadapenulisdalammendampingidanmenyelesaikanpenulisantesis. 6. YayasanInsanPermata Malang yang telahmemberikesempatan kemudagandandorongandalammenyelesaiakaanpenulisantesisini. 7. Ibudra. Anny SaidaselakauKepala SDN Percobaan 1 Malang danibuSuhardiniNurhayati M.Pd. selakuKepala SD InsanAmanah Malang yang berkenanmemberikanizinkepadapenulisuntukmelakukanpenelitiandisekolahdankemudahanbagipenulisdalammengambil data penelitiandanseluruhinformasi yang dibutuhkan. 8. Seluruhjajaraan guru dantenagakependidikan SDIT InsanPermata Malang ataskerelaandanmotivasikepadapenulismenyelesaikanpenulisantesisini. 9. Teman-temansatuangkatan program studiManajemenPendidikanataskebersamaandandorongankepadapenulismenyelesaiakanpenulisantesisini. 10. Semuapihak yang tidakdapat kami sebutkansatupersatu yang telahmemebrikanbantuankepadapenulismenyelesaikantesisini Semogapenyusunantesisinimeskipunmasihjauhdarikesempurnaankarenaketerbatasanpenulis dapatmemberikanmanfaatbagisekolah masyarakat danpenelitilainnyasertasemuapihaklainnya yang berhubungandenganpenelitianini. Malang Agustus 2017 Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i ABSTRACT iii KATA PENGANTAR v DAFTAR ISI vii DAFTAR TABEL ix DAFTAR GAMBAR x DAFTAR LAMPIRAN xiii BAB I PENDAHULUAN 1 A. Konteks Penelitian 1 B. FokusPenelitian 3 C. TujuanPenelitian 4 D. ManfaatPenelitian 4 E. DefinisiIstilah 5 F. LandasanTeori 6 BAB II METODE PENELITIAN 35 A. PendekatandanRancanganPenelitian 35 B. KehadiranPeneliti 37 C. LokasiPenelitian 38 D. Sumber Data Penelitian 43 E. TeknikPengumpulan Data 44 F. TeknikAnalisis Data 46 G. PengecekanKeabsahan Data 51 H. Tahap-TahapPenelitian 55 BAB III PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN 58 A. Paparan Data Penelitian 58 B. TemuanPenelitian 118 BAB IV PEMBAHASAN 198 A. Implementasi Perencanaan Kurikulum Pendidikan Karakter 198 B. Implementasi Pengorganisasian Kurikulum Pendidikan Karakter 201 C. Implementasi Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Karakter 202 D. Implementasi Pengawasan Kurikulum Pendidikan Karakter 205 BAB V PENUTUP 208 A. Kesimpulan 208 B. Saran 211 DAFTAR RUJUKAN 212 DAFTAR TABEL Tabel halaman 2.1. Perbedaan SDN Percobaan 1 dan SD InsanAmanahMalang 37 2.2. Pengkodean 48 3.1. Kegiatanpelaksanaanbudayasekolah di SDN Percobaan 1 66 3.2. Contohjadwalpembelajarankelas 5 SDN Percobaan 1 71 3.3. Jadwalkegiatanekstrakurikuler SDN Percobaan 1 72 3.4. Daftar guru pembimbingekstrakurikuler di SDN Percobaan 1 73 3.5. Tabel program tahunan SD InsanAmanah 95 3.6. Jadwalkegiatanekstrakurikuler SD InsanAmanah 105 3.7. Daftar guru pembimbingekstrakurikulerpilihan SD InsanAmanah 106 3.8. Daftar guru pembimbingekstrakurikulerpramuka SD InsanAmanah 107 3.9. TemuanPenelitian Lintas KasusFokusPerencanaan 170 3.10. TemuanPenelitian Lintas KasusFokusPengorganisasian 174 3.11. TemuanPenelitian Lintas KasusFokusPelaksanaan 180 3.12. TemuanPenelitian Lintas KasusFokusPengawasan 189 DAFTAR GAMBAR Gambar halaman 2.1. Peta lokasi SDN Percobaan 1 Malang 39 2.2. Fototampakdepan SDN Percobaan 1 Malang 40 2.3. Peta lokasi SD InsanAmanahMalang 41 2.4. Fototampakdepan SD InsanAmanah Malang 42 2.5. Aluranalisis data lintaskasus 51 3.1. Surat edaranpilihankegiatanekstrakurikulerpilihan 62 3.2. Gambardenah SDN Percobaan 1 Malang 64 3.3. Penataan dan pengelolaan sekolah yang berwawasan lingkungan 65 3.4. Kalender Pendidikan SDN Percobaan 1 Malang tahun pelajaran 2016/2017 66 3.5. Papan afirmasi bermuatan karakter yang ada di beberapa tempat di SDN Percobaan 1 Malang 68 3.6. Contoh tata tertib sekolah yang diterapkan di SDN Percobaan 1 Malang 69 3.7. Prosedur Operasional Standar (SOP) dan aturan untuk kelas 77 3.8. Berapa kegiatan ekstrakurikuler di SDN Percobaan 1 78 3.9. Aturan atau SOP kegiatan ekstrakurikuler karawitan 79 3.10. Salah satu kantin kejujuran di SDN Percobaan 1 82 3.11. Almari etalase barang temuan 83 3.12. Lembar penilaian yang akan dilakukan guru dalam satu tatap muka 84 3.13. Buku catatan guru dan agenda siswa 86 3.14. Lingkungan fisik sekolah SD Insan Amanah Malang 93 3.15. Tempat pembuangan sampah dan pengelolaan sampah organik 94 3.16. Budaya islami dan budaya sekolah yang diterapkan sekolah 97 3.17. Indikator Sikap Spritual dan Sosial di SD Insan Amanah 100 3.18. Struktur Organisasi SD Insan Amanah Malang 101 3.19.Contoh jadwal pelajaran di kelas 4 SD Insan Amanah 102 3.20. Struktur Organisasi Ekstrakurikuler SD Insan Amanah 104 3.21. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler di SD Insan Amanah 110 3.22. Poster gerakanpedulikebersihan 113 3.23. Beberapakegiatanbudayaislamisekolah 113 3.24. Jadwalpiketkebersihansekolah 115 3.25. Contoh rapor ekstrakurikuler Tiwisada 117 3.26. Diagram konteks Fokus Perencanaan SDN Percobaan 1 124 3.27. Diagram konteks Fokus Pengorganisasian SDN Percobaan 1 128 3.28. Diagram konteks Fokus Pelaksanaan SDN Percobaan 1 138 3.29. Diagram konteks Fokus Pengawasan SDN Percobaan 1 144 3.30. Diagram konteks Fokus Perencanaan SD Insan Amanah 150 3.31. Diagram konteks Fokus Pengorganisasian SD Insan Amanah 157 3.32. Diagram konteks Fokus Pelaksanaan SD Insan Amanah 163 3.33. Diagram konteksFokusPengawasan SD InsanAmanah 169 3.34. Diagram konteks Lintas KasusFokusPerencanaan 174 3.35. Diagram konteks Lintas KasusFokusPengorganisasian 180 3.36. Diagram konteks Lintas KasusFokusPelaksanaan 189 3.37. Diagram konteks Lintas KasusFokusPengawasan 197 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran halaman 1. Surat IzinMelakukanPenelitian 215 2. Surat KeteranganTelahMelakukanPenelitian 216 3. DokumenSekolah Situs 1 dan 2 217 4. ContohWawancara 218 5. ContohCatatanObservasi 219 6. ContohDokumen Yang DapatDiakses di Situs 1 247 7. ContohDokumen Yang DapatDiakses di Situs 2 259

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57652

Actions (login required)

View Item View Item