Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Aqidah Islam( Studi Multi-Situs di Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Malang dan Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Samarinda Tingkat SD) / Setia Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Aqidah Islam( Studi Multi-Situs di Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Malang dan Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Samarinda Tingkat SD) / Setia Lestari

Lestari, Setia (2018) Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Aqidah Islam( Studi Multi-Situs di Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Malang dan Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Samarinda Tingkat SD) / Setia Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari Setia. 2018. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Aqidah Islam( Studi Multi-Situs di Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Malang dan Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Samarinda Tingkat SD). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd. (II) Dr. Maisyaroh M.Pd. Kata kunci kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah kurikulum berbasis aqidah islam Kepemimpinan pembelajaran merupakan suatu tindakan dari kepala sekolah yang memfokuskan perannya pada terciptanya iklim pembelajaran dan iklim sekolah yang dapat mengantarkan kepada peningkatan prestasi sekolah dalam bentuk perbaikan proses pembelajaran secara terus menerus. Proses ini diharapkan mampu merangsang guru dan siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Seorang pemimpin pembelajaran harus mampu a) merumuskan dan mengartikulasikan visi misi dan tujuan sekolah pada setiap program pembelajaran b) mengarahkan dan membina pengembangan kurikulum c) fokus pada pengembangan dan perbaikan proses pembelajaran d) mengembangkan mengevaluasi kinerja guru dengan strategi yang fokus pada perbaikan pembelajaran e) melakukan perbaikan secara terus menerus f) memanfaatkan informasi tentang permasalahan pembelajaran dan hasil belajar siswa untuk mengatasi permasalahan-permasalahan baru g) melayani siswa dengan prima. Kepemimpinan pembelajaran yang diharapkan pada penelitian ini adalah pemimpin yang mampu mengimplementasikan kurikulum berbasis aqidah islam yang berfokus pada hasil belajar yang nyata dan fokus pada perubahan tingkah laku dan pola pikir siswa menuju islam. Pada penelitian ini terdapat tiga fokus yaitu 1) peran pemimpin pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis Aqidah Islam dalam tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran 2) wujud orientasi perilaku pemimpin pembelajaran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum berbasis Aqidah Islam di STP KU 3) faktor eksternal yang berkaitan dengan peran pemimpin pembelajaran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum Berbasis Aqidah Islam di STP KU meliputi (a) nilai dan harapan masyarakat (b) struktur kelembagaan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah yaitu STP KU Malang dan STP KU Samarinda Tingkat SD dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan studi multi-situs karena kedua sekolah ini memiliki karakteristik yang sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi 1) wawancara mendalam 2) observasi dan 3) studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah beberapa guru dan beberapa orangtua. Pemilihan informan ini dilakukan dengan purposive. Data yang terkumpul melalui berbagai pendekatan tersebut dicek vi keabsahan datanya menggunakan kepercayaan (credibility) kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Hasil penelitian ini meliputi (1) kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran yang efektif adalah yang mampu melaksanakan perannya dalam implementasi kurikulum dengan baik. Peran tersebut dalam hal implementasi kurikulum pada tahap perencanaan adalah sebagai pengembang kurikulum dan program-program sekolah. Sedangkan pada tahap pelaksanaan kepala sekolah melakukan monitoring proses pembelajaran dan kesesuaiannya dengan kurikulum yang diterapkan kedisiplinan guru dan siswa. Pada tahap evaluasi kepala sekolah melakukan analisis terhadap permasalahan-permasalah pembelajaran sebagai bahan evaluasi mingguan perbaikan dan memberikan solusi (2) berkenaan dengan orientasi perilaku pemimpin pembelajaran kepala sekolah melakukan teknik memotivasi yang berbeda yang akan meningkatkan kedisiplinan dan penyelesaian tanggung jawab guru dengan efektif yang berorientasi kepada perilaku hubungan manusia dan tujuan (3) berhubungan dengan faktor eksternal yang mempengaruhi peran pemimpin pembelajaran adalah kepala sekolah mampu mengakomodasi harapan masyarakat yang tinggi terhadap sekolah sebagai alat untuk melakukan perbaikan dan memotivasi guru untuk meningkatkan kinerja dan berkordinasi dengan STP pusat dalam hal implementasi kurikulum dan hasil belajar serta berkonsultasi masalah pengelolaan keuangan kepegawaian dan sarana prasarana. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) kepala sekolah agar senantiasa menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran dalam rangka meningkatkan kedisiplinan guru dengan baik dan penyelesaian tanggung jawab secara efektif demi mewujudkan harapan masyarakat (2) Dinas Pendidikan hendaknya menyadari bahwa sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan yang memiliki peran utama untuk menanamkan dasar-dasar islam dan menanamkan nilai-nilai islam yang tidak terpisahkan dari peran orangtua sehingga lembaga ini tidak hanya fokus pada teori saja tetapi juga diintegrasikan pada kehidupan sehari-hari agar ilmu yang dipelajari bisa melekat pada diri siswa (3) para guru agar senantiasa menjalankan tanggung jawab dalam proses belajar mengajar dengan semaksimal mungkin dan mendiskusikan setiap masalah pembelajaran kepada kepala sekolah demi perbaikan dan tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif (4) para orangtua agar senantiasa menjadi partner bagi sekolah untuk mendidik anak agar mendapat hasil belajar yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57649

Actions (login required)

View Item View Item