Pengembangan paket bimbingan berbasis experiental learning untuk meningkatkan empati siswa sekolah dasar / Santy Andrianie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bimbingan berbasis experiental learning untuk meningkatkan empati siswa sekolah dasar / Santy Andrianie

Andrianie, Santy (2015) Pengembangan paket bimbingan berbasis experiental learning untuk meningkatkan empati siswa sekolah dasar / Santy Andrianie. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andrianie Santy. 2015.Pengembangan Paket Bimbingan Peningkatan Empati Berbasis Experiential LearningBagi Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I) Dr. Muslihati S.Ag M.Pd II) Dr. M.Ramli M.A. Kata Kunci Paket Bimbingan Empati Experiential learning. Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya tindak kekerasan di lingkungan sekolah khususnya sekolah dasar. Penyelesaian yang dilakukan sekolah dalam mengatasi masalah kekerasanbelum dapat memutus mata rantai kekerasan di sekolah. Penelitian-penelitian sebelumnya menyatakan bahwa anak yang berperilaku agresif memiliki ketrampilan empati yang rendah. Dengan demikian peningkatan empati bisa digunakan sebagai cara untuk mencegah perilaku kekerasan.Paket bimbingan dipilih sebagai media untuk meningkatkan ketrampilan empati siswa karena dinilai praktis dan efektif untuk digunakan. Paket bimbingan dapat diberikan secara klasikal dan berfungsi sebagai pencegahan. Pengembangan paket bimbingan empati menggunakan metode experiential learning sebagai alur kegiatan dimana metode ini terdiri atas empat tahap yaitu pengalaman nyata refleksi konseptualisasi dan penerapan. Model pengembangan paket bimbingan ini mengadaptasi strategi pengembangan Borg dan Gall (1983) yang terdiri atas 10 langkah pengembangan. Pada penelitian pengembangan ini peneliti hanya melakukan sampai tahap ke lima yaitu melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi melakukan perencanaan mengembangkan bentuk produk awal melakukan penilaian ahli terhadap produk dan uji coba lapangan dan melakukan revisi produk utama. Data kuantitatif dianalisis dengan penghitungan secara kuantitatif dan analisis deskriptif untuk saran dan masukan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa paket bimbingan peningkatan empati berbasis experiential learning bagi siswa sekolah dasar yang efektif secara teoritis dan praktek. Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku guru dan buku siswa. Berdasarkan penilaian ahli dan penilaian calon pengguna dalam uji kelompok kecil kedua produk ini dinilai memenuhi kriteria pengembangan berupa ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Tingkat keberterimaan kedua produk cukup baik dilihat dari indeks penilaian ahli yang mendapat skor 1 dan penilaian calon pengguna yang berada di rentang 3 01-4 00 yang artinya produk dianggap baik. Pengembangan paket bimbingan ini berdasarkan teori empati dan experiential learning serta memperhatikan aspek kemudahan dan kemenarikan bagi siswa usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil pengembangan di atas maka disarankan 1) diberikan pelatihan penggunaan paket bimbingan peningkatan empati bagi guru sekolah dasar sebagai calon pengguna 2)penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas penggunaan paket bimbingan peningkatan empati berbasis experiential learning bagi siswa sekolah dasar untuk mengetahui validitas produk 3) penelitian lanjutan mengenai pengembangan paket bimbingan peningkatan empati yang bisa diterapkan pada berbagai jenjang pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56817

Actions (login required)

View Item View Item