Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Imam Sjatibi Gufron - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Imam Sjatibi Gufron

Gufron, Imam Sjatibi (2018) Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang / Imam Sjatibi Gufron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Gufron Imam Sjatibi. 2018. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang. Skripsi Progam Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs.Ismail Lutfi M.A. Kata Kunci perpustakaan sekolah sumber belajar Pembelajaran Sejarah Di lingkungan sekolah memang terdapat berbagai sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa maupun guru dalam proses pembelajaran salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan adalah perpustakaan sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran baik di lembaga formal maupun nonformal diperlukan media untuk memperkaya referensi pengetahuan. Dalam hal ini perpustakaan sekolah adalah salah satu sumber pengetahuan dan pengalaman belajar. Mengingat hal tersebut maka kehadiran perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar pada lembaga pendidikan merupakan suatu keharusan. Perpustakaan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan pembelajaran. Dari pernyataan tersebut fungsi perpustakaan akan lebih terasa apabila semua pihak yang ada didalam lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah memanfaatkan perpustakaan sekolah secara maksimal. Dalam proses pembelajaran ada beberapa hal yang saling berkaitan yaitu guru siswa materi pelajaran metode pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. Sumber belajar merupakan sumber-sumber yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan belajar. Sumber belajar iti bisa berupa pesan orang bahan alat teknik dan latar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah 1 kota Malang (2) apakah hambatan yang terjadi dari pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah 1 kota Malang Penulisan karya ilmiah ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif serta jenis penelitian deskriptif. Metode penelitiannya (1) kehadiran peneliti (2) lokasi penelitian (3) sumber data (4) prosedur pengumpulan data (5) analisis data (6) pengecekan keabsahan data (7) tahap-tahap penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sekolah SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar sudah cukup bagus hal ini ditunjukan oleh perpustakaan sekolah dengan mewajibkan setiap siswa untuk memimjam buku sekolah untuk mata pelajaran sejarah dan dikembalikan lagi oleh siswa pada saat jangka waktu semester berakir. Kemudian yang menjadi hambatan dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar adalah yang pertama dari perpustakaan sekolah yang koleksi dan sarana dalam perpustakaan sekolah masih ii memerlukan penambahan. Selain itu juga sumber daya manusia yang ditugaskan di perpustakaan sekolah juga kurang ahli di bidangnya. Selanjutnya hambatan terdapat pada siswa terhadap mata pelajaran sejarah yang masih kurang juga berpengaruh terhadap pemnafaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar oleh siswa yang kurang maksimal dan juga waktu yang dimiliki oleh siswa tidak terlalu banyak untuk berkunjung ke perpustakaan Peneliti menyarankan dalam kegiatan pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Malang lebih ditingkatkan lagi yaitu melalui pemberian penugasan yang lebih beragam lagi kepada siswa. Guru juga diharapkan untuk bisa mendesain pembelajaran supaya menarik minat siswa dalam pemanfaatan perpustakaan khususnya pembelajaran intrakurikuler. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi referensi dan memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55356

Actions (login required)

View Item View Item