Pengembangan Bahan Ajar Geografi Perspektif Spasial Sumaatmadja Materi Pokok Atmosfer / Nikmatul Fajril Muniro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Bahan Ajar Geografi Perspektif Spasial Sumaatmadja Materi Pokok Atmosfer / Nikmatul Fajril Muniro

Muniro, Nikmatul Fajril (2018) Pengembangan Bahan Ajar Geografi Perspektif Spasial Sumaatmadja Materi Pokok Atmosfer / Nikmatul Fajril Muniro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muniro F. Nikmatul. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Geografi Perspektif Spasial Sumaatmadja Materi Pokok Atmosfer. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dr. Didik Taryana M.Si Kata Kunci Bahan Ajar Atmosfer Perspektif Spasial Sumaatmadja. Bahan ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran. Pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan bahan ajar yang relevan. Bahan ajar utama yang digunakan dalam pembelajaran disekolah saat ini adalah jenis bahan ajar cetak berupa buku teks. Kondisi bahan ajar jenis buku teks tersebut memiliki kelemahan. Hasil analisis materi dari salah satu bahan ajar cetak berupa buku paket geogarfi kelas X memiliki segi kekurangan dari segi materi. Kajian spasial dalam bahan ajar tersebut masih minim terutama pendekatan spasial yang terintegrasi dengan materi. Penggunaan materi keruangan akan lebih sempurna dan menarik bagi siswa apabila disajikan dengnan menggunakan gambar atau peta. Hasil analisis tersebut menjadi dasar langkah awal pengembanagan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar yang baik dan relevan harus sesuai dengan kurikulum dan mengacu pada kompetensi dasar yang akan dicapai yaitu KD 3.6 menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan manusia. Metode penelitian ini menggunakan metode Borg Gall yang mempunyai sepuluh tahapan dan dimodifikasi menjadi tujuh langkah. (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) desain bahan ajar (4) validasi ahli (5) revisi produk hasil validasi (6) uji lapangan (7) revisi akhir bahan ajar pengembangan. Uji lapangan dilakukan di SMA Negeri 6 Malang. Subjek uji coba peserta didik kelas X IPS 1 sejumlah 28 peserta. Tahap uji coba dilakukan untuk mendapatkan data tanggapan bahan ajar dan tingkat pemahaman peserta didik terhadap penguasaan materi dalam bahan ajar. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif berasal dari respon kuesioner dan tes pemahaman. Hasil angket kuesioner siswa adalah 81 09%. Itu menunjukkan bahwa material yang dikembangkan sangat efisien. Dari hasil tes pemahaman siswa pada skor rata-rata 79 64 siswa jika diverifikasi oleh skor KKM maka skor rata-rata mata pelajaran yang diuji memenuhi standar. Berdasarkan hasil tes mengidentifikasi bahan ajar efektif yang digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar ini masih kurang dari segi isi oleh karena itu disarankan penelitian lebih lanjut dengan meningkatkan kekurangan dalam bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53740

Actions (login required)

View Item View Item