Kualitas layanan pendidikan lembaga PAUD Aisyiyah dalam peningkatan kepuasan orang tua di Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Galih Cahyo Guruwanthoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas layanan pendidikan lembaga PAUD Aisyiyah dalam peningkatan kepuasan orang tua di Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Galih Cahyo Guruwanthoro

Guruwanthoro, Galih Cahyo (2019) Kualitas layanan pendidikan lembaga PAUD Aisyiyah dalam peningkatan kepuasan orang tua di Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Galih Cahyo Guruwanthoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cahyo Galih. 2018. Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Aisyiyah dalam Peningkatan Kepuasan Orang Tua Di Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Zulkarnain M. Pd. M. Si. (I) Sopingi S. Sos M. Pd. (II). Kata Kunci kualitas layanan pendidikan meningkatkan kepuasan orang tua. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh Lembaga PAUD Aisyiyah dalam peningkatan kepuasan orang tua. Layanan pendidikan ini dapat meliputi lingkungan yang baik untuk mengembangkan potensi murid serta peran guru dalam mendidik murid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas layanan lembaga PAUD Aisyiyah dalam peningkatan kepuasan orang tua yaitu (1) standar tingkat pencapaian perkembangan (2) standar pendidik dan tenaga kependidik (3) standar isi proses dan penilaian (4) standar sarana dan prasarana (5) kesesuaian harapan (6) kemudahan memperoleh (7) kesediaan merekomendasikan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas layanan pendidikan lembaga PAUD Aisyiyah dalam peningkatan kepuasan orang tua. Subjek penelitian adalah seluruh wali murid lembaga PAUD Aisyiyah. Instrumen peneliatian ini menggunakan skala likert untuk mengukur data menggunakan alternatif jawaban. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan lembaga PAUD Aisyiyah dalam peningkatan kepuasan orang tua bahwa (1) standar tingkat pencapaian perkembangan dengan rata-rata tertinggi sebesar 67% (2) standar pendidik dan tenaga kependidik dengan rata-rata tertinggi sebesar 77% (3) standar isi proses dan penilaian dengan rata-rata tertinggi sebesar 83% (4) standar sarana dan prasarana dengan rata-rata tertinggi sebesar 75% (5) kesesuaian harapan dengan rata-rata tertinggi sebesar 97% (6) kemudahan memperoleh dengan rata-rata tertinggi sebesar 88% (7) kesediaan merekomendasikan dengan rata-rata tertinggi sebesar 80%. Saran bagi pengurus layanan lembaga Paud harus mampu mempertahankan pelayanan yang diberikan untuk murid-murid dan wali murid. Saran bagi jurusan Pendidika Luar Sekolah adalah bekerjasama dengan PAUD Aisyiyah dalam mengembangkan keilmuan PAUD terutama pada metode pembelajaran yang terbaru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item