Penanaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu / Nazrul Amri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu / Nazrul Amri

Amri, Nazrul (2019) Penanaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu / Nazrul Amri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Amri Nazrul. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Moral Kemandirian Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparman Adi Winoto S.H M.Hum (II) Drs. KT. Diara Astawa S.H M.Si Kata Kunci Nilai Ekstrakurikuler Pramuka Kemandirian. Pendidikan merupakan salah satu wadah perkembangan bagi peserta didik baik dari segi perkembangan fisik peserta didik intelektual mental kehidupan sosial serta perkembangan moral peserta didik salah satu sikap yang harus dimiliki oleh perserta didik adalah kemandirian dengan memiliki kemandirian peserta didik akan mampu mandiri dalam menghadapi persoalan pada kehidupanya Salah satu cara dalam menanamkan kemandirian peserta didik adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka karena pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kecakapan hidup dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Berkaitan dengan itu maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral kemandirian yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka mendeskripsikan penanaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka mendeskripsikan kendala-kendala penananaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan pramuka mendeskripsikan solusi terhadap kendala-kendala penanaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan pramuka yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi Penelitian ini berada di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu. Sumber data yang diperoleh yaitu manusia dokumen dan peristiwa. Manusia yang menjadi informan yaitu kepala madrasah pembina pramuka dan anggota pramuka . Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan denga cara mengumpulkan data mereduksi data menyajikan data dan diakhiri dengan memberikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan melakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan membandingka hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama nilai-nilai moral kemandirian yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di madrasah aliyah bilingual kota batu antara lain tanggung jawab kedisiplinan percaya diri dan kemampuan untuk mengambil keputusan. Kedua penanaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di madrasah aliyah bilingual kota batu yaitu melalui beberapa kegiatan antara lain jelajah alam perkemahan sabtu-minggu latihan baris-berbaris upacara latihan membina dan outbound. ii Ketiga kendala-kendala dalam penanaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka diantaranya kurangnya dukungan dari orang tua kurangnya persiapan untuk kegiatan kurang antusias mengikuti kegiatan kurangnya pemahaman dan manfaat kegiatan serta waktu pelaksanaan kegiatan. Keempat solusi dalam mengatasi kendala-kendala pada penanaman nilai-nilai moral kemandirian melalui kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu diantaranya memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya kegiatan menyusun jadwal agar tidak berbenturan dengan kegiatan lain memberikan motivasi kepada peserta didik memberikan pemahaman tentang manfaat kegiatan memberikan arahan-arahan tentang kegiatan dan mengisi dengan permainan yang variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/52387

Actions (login required)

View Item View Item