Metode drill untuk meningkatkan teknik dasar heading bola dalam permainan sepakbola putra Arema Kota Malang usia 13-15 tahun / Muhamad Mustakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode drill untuk meningkatkan teknik dasar heading bola dalam permainan sepakbola putra Arema Kota Malang usia 13-15 tahun / Muhamad Mustakim

Mustakim, Muhamad (2018) Metode drill untuk meningkatkan teknik dasar heading bola dalam permainan sepakbola putra Arema Kota Malang usia 13-15 tahun / Muhamad Mustakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Sutanto Dadang. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Berlatar Outdoor Study Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 7 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si Kata kunci Project Based Learning Outdoor Study Kemampuan Berpikir Kritis Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dalam beraktivitas secara nyata. Kemampuan berpikir kritis merupakan interpretasi dan evaluasi yang terampil dan aktif terhadap observasi dan komunikasi informasi dan argumentasi. Kemampuan berpikir kritis dapat dimaksimalkan dengan cara mengajak siswa untuk observasi ke lapangan untuk melihat objek secara kontekstual. Outdoor Study merupakan kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid namun tidak dilakukan di dalam kelas melainkan dilakukan diluar kelas atau alam terbuka sebagai kegiatan pembelajaran siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis project berlatar outdoor study pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 7 Malang. Rancangan penelitian ini ialah rancangan eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ialah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essai 6 butir soal yang diuji validitas dan reliabilitas dahulu sebelum diberikan pada subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan ialah statistik kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 23.0 for Windows. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis project berlatar outdoor study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis (gainscore) kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 16 untuk kelas eksperimen dan 11 untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh ialah 0 004. Hal ini berarti nilai sig. (2-tailed) 5% (0 05). Dengan demikian model pembelajaran berbasis project berlatar outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51287

Actions (login required)

View Item View Item